Nirwana, Nirwana (2024) Pengembangan dan Validasi Instrumen Pengukuran Meta-Skills untuk Siswa SMA/Sederajat. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (188kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (218kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (188kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (129kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (270kB) |
![]() |
Text
Full Skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (232kB) |
Abstract
Penelitian tentang pengukuran meta-skills di Indonesia belum pernah dilakukan sebelumnya. Diperlukan pengembangan instrumen pengukuran meta-skills untuk mengukur keterampilan siswa. Tujuan Pengembangan ini adalah untuk mengetahui validitas (face validity, content validity, construct validity, criterion validity) dan reliabilitas instrumen pengukuran meta-skills yang dikembangkan. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kota Jambi. Penelitian dan pengembangan mengikuti tahapan dari model pengembangan DeVellis & Thorpe (2022), yang terdiri dari 9 tahap: menentukan hal yang ingin diukur (determine clearly what is you want to measure), membuat kumpulan item (generate an item pool), menentukan format pengukuran (determine the format for measurement), peninjaun kumpulan item awal oleh ahli (have initial item pool reviewed by experts), wawancara kognitif (cognitive interviewing), menentukan komponen-komponen validasi (consider inclusion of validation items), uji coba lapangan (administer item to a development sample), mengevaluasi item (evaluate the item) mengoptimalkan jangkauan skala ((optimize scale length). Subjek uji coba pada penelitian ini adalah 90 siswa dengan tingkatan yang berbeda (X, XI, XII). Instrumen pengukuran meta-skills dinyatakan valid dengan nilai validitas: face validity dan content validity memiliki nilai CVI ≥ 0,79, construct validity memiliki nilai Loading factor ≥ 0,6, PLS AVE ≥ 0,5, dan criterion validity mencapai syarat signifikasi > 0,05, yakni memiliki nilai r hitung > r tabel . Nilai reliabilitas dengan Cronbach alpha sebesar 0,964 dengan kategori sangat tinggi dan composite reliability rentang 0,820-0,879 dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan instrumen pengukuran meta-skills untuk siswa SMA/Sederajat layak digunakan untuk mengukur meta-skills yang dimiliki oleh siswa. Research on meta-skills measurement in Indonesia has never been done before. It is necessary to develop a meta-skills measurement instrument to measure students' skills. The purpose of this development is to determine the validity (face validity, content validity, construct validity, criterion validity) and reliability of the developed meta-skills measurement instrument. The research was conducted at SMA Negeri 1 Jambi City. The research and development followed the stages of the DeVellis & Thorpe (2022) development model, which consists of 9 stages: determine clearly what you want to measure, generate an item pool, determine the format for measurement, have initial item pool reviewed by experts, cognitive interviewing, determine validation components (consider inclusion of validation items), field test (administer items to a development sample), evaluate the item (evaluate the item), optimize scale length. The test subjects in this study were 90 students with different levels (X, XI, XII). The meta-skills measurement instrument is declared valid with validity values: face validity and content validity have a CVI value ≥ 0.79, construct validity has a Loading factor value ≥ 0.6, PLS AVE ≥ 0.5, and criterion validity reaches a significance requirement> 0.05, which has a significance of > 0.05.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Meta-skills, Validitas, Reliabilitas |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Nirwana |
Date Deposited: | 13 Jun 2024 02:35 |
Last Modified: | 13 Jun 2024 04:42 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/65171 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |