Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Bioteknologi Untuk SMA

Pramani, Nabela Alifa (2024) Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Bioteknologi Untuk SMA. S1 thesis, UNIVERSITAS UNJA.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (607kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (143kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (61kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (99kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (133kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (701kB)
[img] Text
Full Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Materi bioteknologi merupakan bagian dari pelajaran biologi yang diajarkan di kelas X. Berdasarkan analisis kebutuhan yang dilaksanakan di SMA Negeri 5 Kota Jambi, materi bioteknologi dianggap oleh guru dan siswa sebagai salah satu materi yang kurang mengintegrasikan elemen multimedia. Guru hanya menggunakan gambar sebagai media visualisasi. Selain itu, diketahui juga bahwa siswa mengalami kesulitan dalam menjawab soal berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTs). Oleh karena itu, dilakukan pengembangan E-LKPD berbasis problem based learning untuk mengatasi permasalahan ini. Tujuan dari pengembangan E-LKPD ini adalah untuk mengetahui hasil pengembangan produk dan mengetahui kelayakan produk sehingga dihasilkan E-LKPD sebagai media visualisasi yang membimbing siswa dalam memecahkan sola berbasis HOTs. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Assessment/Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Hasil validasi oleh ahli materi menunjukkan persentase akhir sebesar 83,75% dengan kategori "Sangat Layak", sementara validasi oleh ahli media mencapai persentase akhir sebesar 83,33% dengan kategori "Sangat Layak". Respon guru terhadap produk ini mencapai persentase 93,75% dengan kategori "Sangat Baik". Produk tersebut kemudian diuji coba pada siswa, baik dalam kelompok kecil (7 orang) maupun kelompok besar (29 orang), yang memberikan respon positif dengan persentase masing-masing 92,4% dan 92,1%, dengan kategori "Sangat Baik". Dengan demikian, berdasarkan hasil penelitian, produk yang dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Bahan ajar, E-LKPD, Bioteknologi, ADDIE, Flip PDF Professional
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: PRAMANI
Date Deposited: 13 Jun 2024 08:31
Last Modified: 13 Jun 2024 08:31
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/65278

Actions (login required)

View Item View Item