MANIK, LISA (2024) Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menganyam Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra Al-Hikmah Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
halaman pengesahan.pdf Download (211kB) |
![]() |
Text
halaman persetujuan.pdf Download (196kB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (267kB) |
![]() |
Text
abstrak.pdf Download (69kB) |
![]() |
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (141kB) |
![]() |
Text
daftar isi,tabel,gambar.pdf Download (156kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (161kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Download (226kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Download (283kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Download (283kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Download (334kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (69kB) |
![]() |
Text
LISA NATALIA MANIK.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Manik, Lisa Natalia. 2024. Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Melalui Menganyam di RA Al-Hikmah Kota Jambi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Pembimbing. (I) Drs. Tumewa Pangaribuan, M.Pd. (II) Sri Indriani Harianja, M. Pd Kata kunci: Keterampilan Motorik Halus, Kegiatan Menganyam Penelitian ini dilatarbelakangi perkembangan keterampilan motorik halus di RA Al-Hikmah Kota Jambi masih belum berkembang dengan baik. Hal ini terbukti anak masih mengalami kesulitan dalam menggunting, menempel, menarik garis dan melipat mengikuti pola masih terlihat kurang rapi dan tidak berkonsentrasi karena asik ngobrol bersama teman sehingga banyak anak yang tidak teliti dan tidak fokus. Selain itu kurangnya stimulasi yang diberikan kepada anak sehingga anak memliki kesulitan menggunakan alat tulis seperti pensil, membuka tutup botol, prnggunaan gunting yang belum tepat serta belum tepat dalam mengkoordinasikan mata dan tangan seperti memegang sendok dan mengancing baju. Tujuan penelitian ini (1) untuk mengetahui keterampilan motorik halus anak sebelum diberikan tindakan menggunakan kegiatan menganyam dengan kain flanel. (2) untuk mengetahui keterampilan motorik halus pada anak setelah diberikan tindakan menggunakan kegiatan menganyam dengan kain flanel. (3) untuk mengetahui kegiatan menganyam dengan kain flanel dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak kelompok B3 di RA Al-Hikmah Kota Jambi Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan 3 siklus dengan siklus 1 3 kali pertemuan, siklus 2 3 kali pertemuan, siklus 3 2 kali pertemuan. Pada setiap pertemuannya mempunyai langkah-langkah yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrument pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian membuktikan bahwa adanya peningkatan keterampilan motorik halus anak usia dini melalui kegiatan menganyam di kelompok B3 RA Al-Hikmah Kota Jambi. Terlihat pada hasil siklus 1 pertemuan 1, 28,91%, siklus 1 pertemuan 2, 32,31% dan siklus 1 pertemuan 3, 46,42%. Pada siklus II pertemuan 1, 48,46%, siklus II pertemuan 2, 54,25% dan siklus II pertemuan 3, 68,19%. Pada siklus III pertemuan 1, 78,65%, siklus III pertemuan 2, 83,75%. Hasil ini melebihi ketuntasan yaitu 76% dengan kategori berkembang sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah keterampilan motorik halus anak usia 5-6 tahun di RA Al-Hikmah Kota Jambi meningkat melalui kegiatan menganyam.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | MANIK |
Date Deposited: | 20 Jun 2024 07:27 |
Last Modified: | 20 Jun 2024 07:27 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/65513 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |