Azkiya, Wafiq Natasya (2024) UJI VALIDITAS BOOKLET "STOPING" SEBAGAI MEDIA PSIKOEDUKASI STRATEGI COPING PADA REMAJA YANG MELAKUKAN SELF INJURY. S1 thesis, Psikologi.
![]() |
Text
SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (497kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (611kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (339kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (455kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (666kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (261kB) |
Abstract
LATAR BELAKANG Remaja merupakan kelompok usia yang paling banyak melampiaskan emosi melalui perilaku menyakiti diri (self injury). Perilaku self-injury merupakan bentuk kegagalan coping individu dalam menghadapi stres dan salah satu bentuk mekanisme coping yang tidak baik atau maladaptif. Oleh karena itu, diperlukan sebuah media psikoedukasi strategi coping yang dapat digunakan remaja dalam kehidupan sehari-hari. TUJUAN PENELITIAN Untuk mengetahui nilai validitas isi booklet STOPING sebagai media psikoedukasi dalam mengembangkan strategi coping pada remaja yang melakukan self injury. METODE Penelitian ini menggunakan uji validitas isi modul dengan menggunakan Aiken’s V sebagai teknik analisis. Pada penelitian ini proses validasi dilakukan oleh validator yang dipilih secara purposive, dimana validator pada penelitian ini terdiri dari 3 (tiga) orang, yaitu Psikolog peminatan klinis, Psikolog yang bekerja di rumah sakit, serta Psikolog yang pernah menerbitkan karya tulis. HASIL Hasil validitas booklet STOPING berdasarkan penilaian yang telah diberikan oleh validator menunjukkan skor V bergerak dari 0,83 – 1,00. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa booklet STOPING teruji valid secara isi mulai dari materi, bahasa dan keterbacaan, serta tampilan keseluruhan. KESIMPULAN DAN SARAN Booklet STOPING untuk mengembangkan pengetahuan coping adaptif pada remaja yang melakukan self injury dinyatakan valid secara isi. Diharapkan melalui penelitian ini booklet STOPING dapat digunakan sebagai media psikoedukasi dalam memberikan pengetahuan dan informasi kepada remaja yang melakukan self injury. Kata Kunci: Validitas isi, Booklet, Strategi Coping, Self Injury, Remaja
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Psikologi |
Depositing User: | AZKIYA |
Date Deposited: | 24 Jun 2024 03:47 |
Last Modified: | 24 Jun 2024 03:48 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/65601 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |