PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA PELAJARAN IPAS MATERI TRANSFORMASI ENERGI UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK KELAS IV MI DARUSSALAM KOTA JAMBI

zusniarni, zusniarni (2024) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA PELAJARAN IPAS MATERI TRANSFORMASI ENERGI UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK KELAS IV MI DARUSSALAM KOTA JAMBI. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (19kB)
[img] Text
BAB I new.pdf

Download (257kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (167kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (176kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (281kB)
[img] Text
tesis zusniarni full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
Halaman pengesahan.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Zusniarni, 2024. Pengembangan LKPD Berbasis Project Based Learning (PjBL) pada Muatan IPAS materi Energi untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Peserta Didik Kelas IV MI Darussalam Kota Jambi: Tesis, Program Pascasarjana Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Nazurty (II) Sukendro Kata Kunci: Pengembangan, LKPD, Project Based Learning, Efektivitas Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan LKPD berbasis Project Based Learning (PjBL) untuk mata pelajaran IPA kelas IV MI Darussalam Kota Jambi. (2) Mengetahui kelayakan pengembangan LKPD berbasis Project Based Leraning (PjBL) pada Pelajaran IPAS sub materi transformasi energi kelas IV MI Darussalam Kota Jambi. (3) Mengetahui efektivitas dari LKPD berbasis Project Based Learning (PjBL) ditinjau dari aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model R&D dengan model pengembangan 4-D yang terdiri dari Define, Design, Development dan Disseminate. Selanjutnya Data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Setelah dihasilkan produk awal, kemudian dilakukan validasi oleh ahli materi dan ahli Bahasa dan guru kelas IV MI Darussalam Kota Jambi. Selanjutnya, produk diujicobakan kepada peserta didik melalui uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan. Subjek dari uji coba ini adalah 9 orang untuk uji coba kelompok kecil, dan 26 orang untuk uji coba lapangan. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data data dari ahli materi, ahli Bahasa, guru kelas, data respon peserta didik terhadap LKPD, data hasil lembar aktivitas siswa dan data hasil belajar siswa. Instrusmen pengumpulan data berupa angket untuk ahli materi, ahli Bahasa, guru kelas, dan untuk subjek uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan, serta soal tes untuk subjek uji coba lapangan. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif, dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis Project Based Learning (PjBL) dilakukan melalui 4 tahap yakni tahap pendedinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan, dan tahap penyebaran. (2) Berdasarkan penilaian dari validator ahli materi dan ahli Bahasa, LKPD yang dikembangkan sangat layak dan baik digunakan untuk menjadi bahan ajar dalam pembelajaran IPAS. (3) Efektivitas penggunaan LKPD berbasis PjBL dilihat dari lembar aktivitas siswa lebih meningkat jika dilihat dari hasil tes belajar. Peserta didik mampu memenuhi nilai di atas rata-rata. Dimana peserta didik aktif bertanya, menyampaikan pendapat maupun menyelesaikan tugas dengan tepat waktu. Dari hasil test belajar, peserta didik mampu memenuhi kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran, dengan nilai rata-rata hasil belajar yaitu 86,1. Dengan demikian, dari hasil lembar aktivitas peserta didik dan hasil belajar peserta didik, dapat disimpulkan bahawa LKPD berbasis Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan efektifitas peserta didik dalam pembelajaran IPAS. ABSTRACT Zusniarni, 2024. Development of Project-Based Learning (PjBL) Worksheets in Science Subject Matter on Energy to Enhance Learning Effectiveness of Fourth Grade Students at MI Darussalam, Jambi City: Thesis, Postgraduate Program University of Jambi, Supervisor: (I) Nazurty (II) Sukendro Keywords: Development, LKPD, Project Based Learning, Effectiveness. This research aims to: (1) Produce a Project-Based Learning (PjBL) oriented Student Worksheet (LKPD) for the science subject of fourth-grade students at MI Darussalam, Jambi City. (2) Determine the feasibility of the developed PjBL-based LKPD for the science lesson on energy transformation for fourth-grade students at MI Darussalam, Jambi City. (3) Ascertain the effectiveness of the PjBL-based LKPD in terms of student activity and learning outcomes. This study is a developmental research utilizing the R&D model with a 4-D development framework consisting of Define, Design, Development, and Disseminate phases. The collected data are both quantitative and qualitative. After producing the initial product, it underwent validation by subject matter experts, language experts, and fourth-grade teachers at MI Darussalam, Jambi City. Subsequently, the product was tested on students through small group trials and field trials. The subjects for these trials were 9 individuals for the small group test, and 26 individuals for the field test. The data collected in this study include feedback from subject matter experts, language experts, teachers, student responses to the LKPD, student activity sheet outcomes, and student learning results. Data collection instruments consisted of questionnaires for experts and teachers, as well as for subjects in the small group and field trials, along with test questions for the field trial subjects. Data analysis employed qualitative descriptive analysis and quantitative descriptive techniques. The findings of this research are: (1) The development of the PjBL-based student worksheet was conducted through four stages: definition, design, development, and dissemination. (2) Based on assessments by subject matter and language validators, the developed LKPD is highly suitable and effective for teaching science lessons. (3) The effectiveness of the PjBL-based LKPD is evident from the increased student activity observed in the learning test results. Students were able to achieve above-average scores, actively asking questions, expressing opinions, and completing tasks on time. From the learning test results, students were able to meet the learning objectives' criteria, with an average learning outcome score of 86.1. Therefore, based on the student activity sheets and learning outcomes, it can be concluded that the PjBL-based LKPD effectively enhances student effectiveness in science learning.

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, LKPD, Project Based Learning, Efektivitas Development, LKPD, Project Based Learning, Effectiveness.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: ZUSNIARNI
Date Deposited: 24 Jun 2024 06:46
Last Modified: 24 Jun 2024 06:46
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/65622

Actions (login required)

View Item View Item