ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI DITINJAU DARI USES AND GRATIFICATION THEORY

Mendrofa, Lola Ineswenty (2024) ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI DITINJAU DARI USES AND GRATIFICATION THEORY. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (49kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (115kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (168kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (175kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (179kB)
[img] Text
FULL TESIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (962kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Mendrofa, Lola Ineswenty. 2024. Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Ditinjau dari Uses and Gratification Theory. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Muhammad Sofwan, S.Pd., M.Pd (II) Bunga Ayu Wulandari, S.Pd., M.EIL., Ph.D. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Teknologi, Uses and Gratification Theory Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Uses and Gratification Theory terhadap penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian survei. Responden dalam penelitian ini adalah guru yang mengajar pada sekolah dasar di Kecamatan Jambi Timur, Kota Jambi. Terdapat dua pertanyaan penelitian dan tiga hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini. Target populasi pada penelitian ini adalah guru sekolah dasar di Kecamatan Jambi Timur, Kota Jambi. Penelitian ini diawali dengan pengisian kuesioner pilot study responden sebanyak 35 orang kemudian dilanjutkan dengan pengumpulan data utama. Teknik pengumpulan data utama dengan menyebarkan kuesioner secara online menggunakan google form melalui whatsapp, dengan responden sebanyak 321 orang. Setelah data didapatkan maka akan dianalisis secara kuantitatif menggunakan PLS-SEM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Uses and Gratification Theory yang terdiri dari kebutuhan kognitif, kebutuhan afektif, dan kebutuhan sosial valid untuk menjelaskan penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi. Komponen Uses and Gratification Theory yang terdiri dari kebutuhan kognitif, kebutuhan afektif, dan kebutuhan sosial mempengaruhi penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi pada guru sekolah dasar di Kecamatan Jambi Timur, Kota Jambi. Guru menggunakan media sesuai kebutuhannya, dari measurement model dan output yang dihasilkan menunjukkan bahwa Uses and Gratification Theory valid untuk menjelaskan pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi dengan nilai cronbach’s alpha dan composite reliability di atas 0,5. Ketiga hipotesis yang diajukan peneliti menghasilkan pengaruh yang signifikan dengan t-value lebih besar dari 1,96. Hipotesis pertama kebutuhan kognitif mempengaruhi penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi dengan nilai t-statistik 4,203 ≥ 1,96. Hipotesis kedua kebutuhan afektif mempengaruhi penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi dengan nilai t-statistik 2,433 ≥ 1,96. Hipotesis ketiga kebutuhan sosial mempengaruhi penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi dengan nilai t-statistik 4,486 ≥ 1,96. Sedangkan, hipotesis yang paling berpengaruh yaitu Kebutuhan Kognitif (KK) dengan nilai koefisien 0,344.

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Teknologi, Uses and Gratification Theory
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Lola Ineswenty Mendrofa
Date Deposited: 03 Jul 2024 07:17
Last Modified: 03 Jul 2024 07:17
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/66049

Actions (login required)

View Item View Item