Fatimah, Siti (2024) Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas VIII SMP Negeri 14 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (154kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (257kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (130kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (76kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (169kB) |
![]() |
Text
Skripsi_Siti Fatimah(A1B120051) fixs upload_removed.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan & Pengesahan.pdf Download (1MB) |
Abstract
Skripsi ini membahas mengenai kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Kota Jambi. Membaca pemahaman merupakan kegiatan membaca yang dilakukan untuk memahami isi bacaan atau teks secara menyeluruh. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Kota Jambi masih rendah karena pelaksanaan membaca belum begitu digiatkan kepada siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data penelitian adalah siswa dan guru Bahasa Indonesia SMP Negeri 14 Kota Jambi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes kemampuan membaca pemahaman siswa dan wawancara yang ditujukkan kepada guru Bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Kota Jambi yang berjumlah 34 siswa mencapai nilai rata-rata 67,1 termasuk dalam kategori rendah. Nilai tersebut masuk ke dalam kategori kurang mampu karena Indikator kinerjanya sesuai dengan nilai ketuntasan minimal menurut sekolah adalah 70, perolehan nilai pada setiap siswa dalam pembelajaran harus 70 ke atas dengan ketuntasan 80% ke atas. Kesimpulan penelitian ini adalah kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Kota Jambi tergolong dalam kategori rendah karena siswa kurang mampu dalam memberikan pendapat, mengartikan kata, membuat kesimpulan sesuai dengan bacaan dan siswa kurang mampu dalam menemukan kalimat yang menunjukkan ide berupa fakta yang terjadi dalam cerita.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan, Kemampuan Membaca |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | Fatimah |
Date Deposited: | 04 Jul 2024 06:42 |
Last Modified: | 04 Jul 2024 06:42 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/66371 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |