Putri, Thala Galuhni (2024) Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan Kerja Karyawan di RSUD H. Abdul Manap Kota Jambi Tahun 2023. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRACT.pdf Download (208kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (229kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (151kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (127kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (169kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (159kB) |
Abstract
Abstrak Latar Belakang : Terjadinya permasalahan kepuasan kerja di RSUD H. Abdul Manap Kota Jambi dimana terjadi peningkatan turnover intention karyawan dari 3,36% pada 2021 menjadi 5,24% pada 2022, rendahnya nilai BOR, TOI dan BTO serta banyaknya keluhan pasien terkait kualitas pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dinamika faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan kerja karyawan di RSUD H. Abdul Manap Kota Jambi Tahun 2023. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan di RSUD H. Abdul Manap Kota Jambi yang berjumlah 573 karyawan. Sampel pada penelitian ini terdiri dari 90 karyawan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dengan skala Likert. Analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan uji chi-square. Hasil : Persentase karyawan yang puas dengan pekerjaannya sebanyak (45,6%). Variabel gaya kepemimpinan (p-value= 0,000), lingkungan kerja (p-value= 0,000), sarana prasarana (p-value= 0,000), dan keterampilan kerja (p-value= 0,016) berhubungan dengan kepuasan kerja karyawan di RSUD H. Abdul Manap Kota Jambi. Faktor yang paling dominan mempengaruhi kepuasan kerja adalah gaya kepemimpinan dimana gaya kepemimpinan atasan yang baik akan meningkatkan kepuasan kerja karyawan. Kesimpulan : Kepuasan kerja karyawan di RSUD H. Abdul Manap dipengaruhi oleh gaya kepemimpinan, lingkungan kerja, sarana prasarana, dan keterampilan kerja. Untuk meningkatkan kepuasan kerja, penting dilakukan evaluasi secara berkala sehingga dapat diketahui lebih awal permasalahan kepuasan kerja yang sedang terjadi pada karyawan. Kata Kunci : Kepuasan Kerja, Karyawan, Rumah Sakit Abstract Background : The occurrence of job satisfaction issues at H. Abdul Manap Regional General Hospital in Jambi City, where there has been an increase in employee turnover intention from 3.36% in 2021 to 5.24% in 2022, low values of BOR, TOI, and BTO, as well as numerous patient complaints regarding service quality. This study aims to understand the dynamics of factors related to employee job satisfaction at H. Abdul Manap Regional General Hospital in Jambi City in 2023. Research Method : This research is a quantitative study with a cross-sectional design. The population in this study includes all employees at RSUD H. Abdul Manap Jambi City, totaling 573 employees The sample in this study includes 90 employees. The data collection instrument used is a questionnaire with a Likert scale. Data analysis utilizes univariate and bivariate analysis with a chi-square test. Result : The percentage of employees who are satisfied with their job is (45.6%). The variables of leadership style (p-value = 0.000), work environment (p-value = 0.000), infrastructure (p-value = 0.000), and job skills (p-value = 0.016) are related to employee job satisfaction at RSUD H. Abdul Manap, Jambi City. The most dominant factor influencing job satisfaction is leadership style, where good leadership from superiors will enhance employee job satisfaction. Conclusion : employee job satisfaction at RSUD H. Abdul Manap Jambi City is influenced by leadership style, work environment, infrastucture, and job skills. To improve job satisfaction, it is important to conduct regular evaluations so that emerging issues affecting employee satisfaction can be identified early. Keywords : Job satisfaction, Employee, Hospital
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan Kerja, Karyawan, Rumah Sakit |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Ilmu Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | Putri |
Date Deposited: | 05 Jul 2024 02:40 |
Last Modified: | 23 May 2025 11:28 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/66453 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |