Dhoni, Amalia Rhoma (2024) Peranan Sekolah Dalam Menumbuhkan Karakter Toleransi Peserta Didik Di SDN 187/I Teratai. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text (PERANAN SEKOLAH DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER TOLERANSI PESERTA DIDIK DI SDN 187/I TERATAI)
Abstrak.pdf - Published Version Download (191kB) |
![]() |
Text (PERANAN SEKOLAH DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER TOLERANSI PESERTA DIDIK DI SDN 187/I TERATAI)
Bab 1.pdf - Published Version Download (389kB) |
![]() |
Text (PERANAN SEKOLAH DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER TOLERANSI PESERTA DIDIK DI SDN 187/I TERATAI)
Bab 5.pdf - Published Version Download (192kB) |
![]() |
Text (PERANAN SEKOLAH DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER TOLERANSI PESERTA DIDIK DI SDN 187/I TERATAI)
Cover Halaman Judul.pdf - Published Version Download (206kB) |
![]() |
Text (PERANAN SEKOLAH DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER TOLERANSI PESERTA DIDIK DI SDN 187/I TERATAI)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (421kB) |
![]() |
Text (PERANAN SEKOLAH DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER TOLERANSI PESERTA DIDIK DI SDN 187/I TERATAI)
Halaman Persetujuan dan Pengesahan.pdf - Published Version Download (921kB) |
![]() |
Text (PERANAN SEKOLAH DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER TOLERANSI PESERTA DIDIK DI SDN 187/I TERATAI)
Skripsi Amalia Rhoma Dhoni A1D120044.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui: 1) Bagaimana peranan kepala sekolah dalam menumbuhkan karakter toleransi peserta didik di SDN 187/I Teratai, 2) Bagaimana peranan guru dalam menumbuhkan karakter toleransi peserta didik di SDN 187/I Teratai, 3) Bagaimana peranan peserta didik dalam menumbuhkan karakter toleransi di SDN 187/I Teratai. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis fenomenologi. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan peserta didik kelas IV SDN 187/I Teratai. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Narasumber yang di wawancara dalam penelitian ini adalah Kepala sekolah, guru dan peserta didik. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman (reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan). Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk bagaimana peranan sekolah dalam menumbuhkan karakter toleransi adalah dengan adanya peran kepala sekolah yang berbentuk kebijakan sekolah, peranan guru yaitu pengintegrasian melalui kegiatan sekolah meliputi kegiatan Sholat Dhuha, Membaca Yasin, Memberi salam jika bertemu dengan guru dan teman, Melakukan kegiatan gotong-royong dan Kegiatan Pesantren Kilat. Pengintegrasian melalui proses pembelajaran di kelas diamati melalui proses pelaksanaan pembelajaran. guru juga menerapkan tiga aspek indikator karakter toleransi pada peserta didik, meliputi kedamaian, menghargai perbedaan dan kesadaran. Dalam keseluruhan, ada peluang besar bagi guru untuk memperluas pembahasan dan aktivitas yang mempromosikan pemahaman yang lebih dalam tentang nilai ini dalam konteks pembelajaran yang beragam dan inklusif. Guru dapat mengambil inisiatif untuk mengintegrasikan aktivitas dan diskusi yang mengarah pada pemahaman yang lebih dalam tentang pentingnya toleransi dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sekolah menumbuhkan karakter toleransi melalui kebijakan sekolah, integrasi melalui kegiatan sekolah dan pembelajaran serta toleransi diajarkan melalui aspek kedamaian, menghargai perbedaan dan kesadaran. This research aims to find out: 1) What is the role of the head school in cultivating the tolerant character of students at SDN 187/I Teratai, 2) How important teachers are in cultivating the character of tolerance students at SDN 187/I Teratai, 3) What is the importance of students in fostering the character of tolerance at SDN 187/I Teratai. This research is qualitative research with a phenomenological type. Subject This study included principals, teachers and class IV students at SDN 187/I Lotus. This research uses data collection techniques in the form of observation, interviews, and documentation. Sources interviewed in research these are the principal, teachers and students. Data analysis techniques in This research uses Miles and Huberman analysis techniques (data reduction, presentation of data, and conclusions). Test the validity of the data using technical triangulation. The results of the research show that the form of school is important In cultivating the character of tolerance is the role of the head schools in the form of school policies, the role of teachers is integration through school activities including Dhuha Prayer, Yasin Reading, Greeting teachers and friends when meeting, carrying out activities mutual cooperation and Kilat Islamic Boarding School activities. Integration through processes Classroom learning is observed through the learning implementation process. Teacher also applies three aspects of tolerance character indicators to students, includes peace, respect for differences and awareness. Overall, There is a great opportunity for teachers to expand discussions and activities promote a deeper understanding of this value in context diverse and inclusive learning. Teachers can take the initiative to Integrate activities and discussions that lead to understanding learn more about the importance of tolerance in everyday life. Based on the research results, it can be concluded that school foster the character of tolerance through school policies, integration through school activities and learning and tolerance are taught through aspects peace, respect for differences and awareness.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peranan sekolah, Karakter Toleransi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Dhoni |
Date Deposited: | 09 Jul 2024 03:37 |
Last Modified: | 09 Jul 2024 03:37 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/66656 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |