KEMAMPUAN MENULIS TEKS IKLAN SISWA TUNARUNGU KELAS X SMALB NEGERI 1 KOTA JAMBI DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA

Amal, Ichlasul (2024) KEMAMPUAN MENULIS TEKS IKLAN SISWA TUNARUNGU KELAS X SMALB NEGERI 1 KOTA JAMBI DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (40kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN,PENGESAHAN.pdf

Download (898kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (121kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Amal, Ichlasul. Kemampuan Menulis Teks Iklan Siswa Tunarungu Kelas X SMALB Negeri 1 Kota Jambi dengan Menggunakan Aplikasi Canva: Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra, FKIP Universitas Jambi Pembimbing (1) Dr. Rustam, S.pd., M. Hum. (II) Ade Bayu Saputra, M.Pd. Kata Kunci: Menulis, Iklan, Canva. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks iklan siswa tunarungu kelas X SMALB Negeri 1 Kota Jambi dengan menggunakan aplikasi canva. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan tes unjuk kerja berupa tes menulis teks iklan menggunakan aplikasi canva yang dikerjakan oleh siswa. Analisis data dalam penelitian ini meliputi penilaian hasil kerja siswa yang dinilai oleh dua penilai, yaitu penilai I (Guru Bahasa Indonesia), dan penilai II (peneliti) disertai dengan tabel untuk menghitung rata-rata hasil tulisan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa tunarungu kelas X SMALB Negeri 1 Kota Jambi dalam menulis teks iklan dengan menggunakan aplikasi Canva dapat dikategorikan sebagai sangat mampu, dengan nilai rata-rata sebesar 89,6. Evaluasi terhadap unsur tema mendapatkan nilai rata-rata 100, yang berarti siswa sangat mampu dalam mengembangkan tema iklan. Unsur isi iklan memperoleh nilai rata-rata 84,3, menunjukkan kemampuan siswa dalam menyampaikan isi iklan yang mampu. Unsur struktur kalimat memperoleh nilai rata-rata 82,8, yang mengindikasikan bahwa siswa mampu dalam menyusun kalimat yang memadai. Evaluasi terhadap unsur ejaan menghasilkan nilai rata-rata 85,7, menandakan bahwa siswa sangat mampu dalam hal ejaan. Sementara itu, unsur tampilan memperoleh nilai rata-rata 95,00, menunjukkan bahwa siswa sangat mampu dalam mempresentasikan iklan dengan tampilan yang menarik.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Menulis, Iklan, Canva.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: AMAL
Date Deposited: 10 Jul 2024 06:45
Last Modified: 10 Jul 2024 06:45
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/67073

Actions (login required)

View Item View Item