PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN 4C DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI FLIP PDF PROFESSIONAL PADA SISWA SMK

Heriyanto, Didi (2024) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN 4C DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI FLIP PDF PROFESSIONAL PADA SISWA SMK. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK DIDI.pdf

Download (14kB)
[img] Text
BAB I DIDI.pdf

Download (142kB)
[img] Text
BAB V DIDI.pdf

Download (32kB)
[img] Text
COVER DIDI.pdf

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DIDI.pdf

Download (78kB)
[img] Text
TESIS DIDI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
halaman pengesahan Didi.pdf

Download (351kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan ketempilan 4C siswa saat diberikan media pembelajaran berbasis elektronik dengan menggunakan aplikasi Flip PDF Professional. Subjek Penelitian adalah siswa SMK Yadika Jambi dan pemilihan sampel dilakukan dengan menggunaka teknik probability sampling untuk memilih 2 kelas sebagai sampel yang dapat mewakili populasi. Pembuatan produk diawali dengan proses penyusunan oleh penulis dan dilanjutkan dengan tahap validasi oleh ahli media. Hasil validasi menunjukkan bahwa produk dapat digunakan dan dilanjutkan pada tahap validasi media oleh ahli materi yang dinilai sudah baik dan dapat digunakan. Setelah melalui tahapan validasi, produk diuji coba terhadap kelompok kecil dan kelompok besar yang bertujuan untuk melihat respon peserta didik terhadap media E-LKPD yang dikembangkan. Hasil respon diperoleh dari pengisian angket menggunakan google form dan terlihat bahwa penilaian siswa terhadap penggunaan E-LKPD dapat dikategorikan baik dan dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran dan efektivitas penggunaan produk dilanjutkan untuk diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan nilai yang lebih tinggi pada siswa yang belajar dengan menggunakan media belajar berbasis elektronik dengan menggunakan aplikasi Flip PDF Professional dibandingkan dengan siswa yang tidak belajar dengan menggunakan media ajar berbasis elektronik. Selain itu hasil penelitian juga membuktikan bahwaa terdapat peningkatan dan pengaruh positif terhadap keterampilan 4C siswa yang didasari oleh proses pembelajaran secara elektronik, hal ini dikarenakan proses pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Flip PDF Professional terkesan lebih edukatif dan menarik perhatian siswa terhadap proses pembelajaran. This research aims to see the increase in students' 4C skills when given electronic-based learning media using the Flip PDF Professional application. The research subjects were students of Yadika Jambi Vocational School and sample selection was carried out using probability sampling techniques to select 2 classes as samples that could represent the population. Product creation begins with a preparation process by the author and continues with a validation stage by media experts. The validation results show that the product can be used and is continued at the media validation stage by material experts who are deemed to be good and usable. After going through the validation stage, the product was tested on small groups and large groups with the aim of seeing students' responses to the E-LKPD media being developed. The response results were obtained from filling out a questionnaire using Google Form and it can be seen that students' assessments of the use of E-LKPD can be categorized as good and can help students in the learning process and the effectiveness of product use continues to be researched. The research results showed that there was a higher increase in scores for students who studied using electronic-based learning media using the Flip PDF Professional application compared to students who did not study using electronic-based learning media. Apart from that, the research results also prove that there is an increase and positive influence on students' 4C skills based on the electronic learning process, this is because the learning process using the Flip PDF Professional application seems more educational and attracts students' attention to the learning process.

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: E-LKPD, Problem Based Learning, Keterampilan 4C, Flip PDF Professional
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Didi Heriyanto
Date Deposited: 12 Jul 2024 03:20
Last Modified: 12 Jul 2024 03:20
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/67422

Actions (login required)

View Item View Item