Penarapan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Ekonomi (Studi Kasus Pada Sekolah Menengah Atas Negeri Kota Sungai Penuh)

Bouti, Sindi Mertisia (2024) Penarapan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Ekonomi (Studi Kasus Pada Sekolah Menengah Atas Negeri Kota Sungai Penuh). S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (227kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (276kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (161kB)
[img] Text
COVER - Copy.pdf

Download (111kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (214kB)
[img] Text
SINDI MERTISIA BOUTI FULL TESIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (371kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Kurikulum merdeka belajar bermakna memberikan kesempatan belajar secara bebas dan nyaman kepada peserta didik untuk belajar dengan tenang, santai dan gembira tanpa stres dan tekanan, dengan memperhatikan bakat alami yang mereka punyai, tanpa memaksa mereka mempelajari atau menguasai suatu bidang pengetahuan diluar hobby dan kemampuan mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Ekonomi Pada Sekolah Menengah Atas Negeri Kota Sungai Penuh; Menganalisis bagaimana kemandirian belajar peserta didik pada pembelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas dalam penerapan kurikulum merdeka belajar; Menganalisis bagaimana penerapan kurikulum merdeka belajar pada pembelajaran ekonomi dalam berpikir kritis peserta didik; Menganalisis bagaimana kreativitas peserta didik pada pembelajaran ekonomi dalam penerapan kurikulum merdeka belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah informan yang dipilih dengan teknik sampling Non Probablity Sampling dengan metode Purposive sampling yaitu kepala sekolah dan guru ekonomi sebanyak 10 orang yang terdapat di Sekolah Menengah Atas Nengeri Kota Sungai Penuh. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1). Penerapan kurikulum merdeka belajar memberi respon yang baik atas kemandirian belajar peserta didik pada pembelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri Kota Sungai Penuh (2). Penerapan kurikulum merdeka belajar memberi respon yang positif terhadap berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri Kota Sungai Penuh (3). Penerapan kurikulum merdeka belajar dapat memberikan respon yang positif terhadap kreativitas peserta didik pada pembelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri Kota Sungai Penuh. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan kurikulum merdeka belajar memberikan respon yang positif pada pembelejaran ekomoni di Sekolah Menengah Atas Negeri Kota Sungai Penuh.

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Ekonomi, Kemandirian Belajar, Berpikir Kriris, Kreativitas
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Sindi Mertisia Bouti
Date Deposited: 16 Jul 2024 03:31
Last Modified: 16 Jul 2024 03:31
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/67709

Actions (login required)

View Item View Item