UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGARANG MELALUI PEMBIASAAN MENULIS BUKU HARIAN

Oktafia, Sri Rahmah (2024) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGARANG MELALUI PEMBIASAAN MENULIS BUKU HARIAN. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (188kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (186kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (199kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (297kB)
[img] Text
SKRIPSI SRI RAHMAH OKTAFIA A1D118145.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
halaman pengesahan Sri Rahmah Oktafia.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

ABSTRAK Oktafia, Sri Rahmah. 2024. Upaya Peningkatan Kemampuan Mengarang Melalui Pembiasaan Menulis Buku Harian di Sekolah Dasar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (I) Dr. Eko Kuntarto, M. Pd.M. Comp.Eng (II) Muhammad Sholeh S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Mengarang dan Buku Harian Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengarang melalui kebiasaan menulis buku harian. Guru meningkatkan kemampuan peserta didik mengarang dengan menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi. Sekolah mendukung kebiasaan menulis buku harian di SD Negeri 34/I Teratai. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV C SD Negeri 34/I Teratai sebanyak 16 peserta didik. Tahapan penelitian diawali dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data dengan tes menulis karangan dan dokumentasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan dapat meningkatkan kemampuan mengarang melalui pembiasaan menulis buku harian. Kemampuan mengarang melalui pembiasaan menulis buku harian peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata sebesar 69,63% dengan ketuntasan belajar 56,25%. Kemampuan mengarang melalui pembiasaan menulis buku harian peserta didik pada siklus II diperoleh rata-rata sebesar 77,75% dengan ketuntasan belajar 93,75%. Dari hasil yang diperoleh ketuntasan belajar yang diperoleh lebih dari 80%.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Mengarang dan Buku Harian
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: OKTAFIA
Date Deposited: 17 Jul 2024 04:05
Last Modified: 17 Jul 2024 04:05
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/68276

Actions (login required)

View Item View Item