Solihati, Anita (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Video Pengenalan Budaya Jambi Pada Pembelajaran Tema Negaraku Untuk Anak Usia Dini. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK nita.pdf Download (33kB) |
![]() |
Text
BAB I FIX BANGET.pdf Download (120kB) |
![]() |
Text
BAB V FIX BANGET.pdf Download (92kB) |
![]() |
Text
cover anita.pdf Download (23kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (171kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FULL ANITA SOLIHATI benarrrrrrr.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN anita.pdf Download (143kB) |
Abstract
Pada pembelajaran di TK IT Fania Salsabila Barokah dan PAUD KB AUDI Desa Berembang, minim menggunakan media pembelajaran berupa teknologi sehingga pembelajaran masih terfokus dengan penggunaan media konvensional dan membuat peserta didik merasa bosan untuk mengurangi kendala tersebut diperlukan sebuah media pembelajaran video agar menarik dan merangsang daya imajinasi anak usia dini serta agar dapat digunakan dalam pembelajaran luring maupun daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran, mengetahui kelayakan produk media pembelajaran, mengetahui respon guru TK IT Fania Salsabila Barokah dan PAUD KB AUDI Desa Berembang. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian research and development dengan menerapkan model ADDIE dan dengan keterbatasan pengembangan ADD. Maka tahapan yang digunakan dan dilakukan dalam riset inidimulai dari analyze, design, dan development. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu berupa angket dan observasi langsung dengan data yang diperoleh berupa kuantitatif dan kualitatif. Pada uji Kelayakan video diperoleh hasil dari validasi ahli materi yang dilakukan sebanyak 2 kali dengan perolehan persentase pada validasi I 91,6% dalam kategorisangat baik dengan revision materi dan validasi ke II memperoleh nilai persentase 100% dengan kategori sangat baik serta layak untuk dilakukan uji coba. Hasil validasi ahli media dilakukan sebanyak 1 kali dengan hasil validasi 100% dengankategori sangat baik. Data penelitian diperoleh dari penyebaran angket terbuka dan tertutup yang disebarkan kepada responden yaitu guru berjumlah 6 orang diperoleh hasil persentase 87,4% dengan kategori sangat baik, selanjutnya video animasi diuji coba oleh guru pada peserta didik TK IT Fania Salsabila Barokah dan PAUD KB AUDI Desa Berembang dengan metode observasi memperoleh hasil bahwa media video pembelajaran dapat menarik minat dan perhatian peserta didik dalambelajar. Berdasarkan hasil pengembangan media pembelajaran video pengenalan budaya jambi pada pembelajaran tema negaraku dapat dinyatakan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran serta mendapat respon positif dari responden dengan hasil kategori sangat baik.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Video, Budaya Jambi, Tema Negaraku |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Solihati |
Date Deposited: | 17 Jul 2024 04:06 |
Last Modified: | 17 Jul 2024 04:06 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/68330 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |