IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DI SMK BAITURRAHIM KOTA JAMBI

Hasibuan, Riska Maulita (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DI SMK BAITURRAHIM KOTA JAMBI. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (118kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (26kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (107kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (171kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (129kB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Halaman Persetujuan dan Halaman Pengesahan.pdf

Download (921kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Hasibuan, Riska Maulita. 2024. “Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Mengembangkan Kreativitas Peserta Didik SMK Baiturrahim Kota Jambi”, : Tesis, Jurusan Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (1) Dr. Drs. Ade Kusmana, M.Hum. (2) Dr. Rustam, S.Pd., M.Hum. Tujuan penelitian ini ialah untuk melihat dan mendeskripsikan dan menganalisis implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran bahasa Indonesia dalam mengembangkan kreativitas peserta didik SMK Baiturrahim Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan problem based learning sebagai metode penelitian. Pendekatan dan jenis penelitian ini diambil dengan alasan untuk mendeskripsikan secara detail akan implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran bahasa Indonesia dalam mengembangkan kreativitas peserta didik SMK Baiturrahim Kota Jambi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan proses pembelajaran Penerapan kurikulum merdeka dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMK Baiturrahim Kota Jambi telah dilaksanakan dengan baik. Dengan penerapan kurikulum baru yaitu kurikulum merdeka, telah menghasilkan transformasi positif dalam pengembangan kreativitas belajar siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMK Baiturrahim Kota Jambi. Pengembangan kreativitas pada peserta didik sendiri terlihat dari empat konsep kreativitas yang muncul pada diri siswa. Kurkulum merdeka menjadikan siswa dapat berpikir secara kritis, memiliki kepekaan emosi, menunjukkan pengembangan keterampilan atau bakat yang dimiliki, serta memiliki imajinasi yang kuat dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia dalam penerapan kurikulum merdeka. implementasi kurikulum merdeka telah berhasil diterapkan dengan baik di SMK Baiturrahim Kota Jambi sekaligus terbukti dapat mengembangkan kreativitas siswa, seperti peserta didik dapat berpikir kritis dan rasional, peserta didik memiliki kepekaan emosi, peserta didik menemukan keterampilan atau bakat yang ada pada dirinya, dan ini juga dapat mendorong imajinasi yang kuat pada peserta didik. Penerapan kurikulum merdeka dalam proses pembelajaran dapat memudahkan eksplorasi keterampilan dan bakat siswa selama proses pembelajaran sehingga menghasilkan hasil belajar yang inventif dan orisinal. Kata kunci: kurikulum merdeka, bahasa Indonesia, kreativitas.   ABSTRACT Hasibuan, Riska Maulita. 2024. "Implementation of the Merdeka Curriculum in Indonesian Language Learning to Develop Students' Creativity at SMK Baiturrahim Kota Jambi." Thesis, Department of Master of Education in Indonesian Language and Literature, FKIP University of Jambi. Advisors: (1) Dr. Drs. Ade Kusmana, M.Hum. (2) Dr. Rustam, S.Pd., M.Hum. The aim of this research is to observe, describe, and analyze the implementation of the Merdeka Curriculum in Indonesian language learning to develop students' creativity at SMK Baiturrahim Kota Jambi. This study employs a qualitative approach with problem-based learning as the research method. This approach was chosen to provide a detailed description of the implementation of the Merdeka Curriculum in Indonesian language learning aimed at fostering students' creativity at SMK Baiturrahim Kota Jambi. The results of this research indicate that the implementation of the Merdeka Curriculum in Indonesian language learning at SMK Baiturrahim Kota Jambi has been executed effectively. The introduction of this new curriculum has led to positive transformations in the development of students' learning creativity in Indonesian language classes at SMK Baiturrahim Kota Jambi. The development of creativity among students is evident in four concepts of creativity observed in the students: critical thinking, emotional sensitivity, development of skills or talents, and strong imagination in the implementation of Indonesian language learning under the Merdeka Curriculum. The implementation of the Merdeka Curriculum has successfully been applied at SMK Baiturrahim Kota Jambi and has proven to enhance students' creativity, as evidenced by their ability to think critically and rationally, their emotional sensitivity, their discovery of skills or talents within themselves, and their strong imagination. The implementation of the Merdeka Curriculum in the learning process facilitates the exploration of students' skills and talents, thereby yielding inventive and original learning outcomes. Keywords: Merdeka Curriculum, Indonesian language, creativity.

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kurikulum merdeka, bahasa Indonesia, kreativitas.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Hasibuan
Date Deposited: 18 Jul 2024 01:49
Last Modified: 18 Jul 2024 01:50
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/68609

Actions (login required)

View Item View Item