Alifa, Nur Ana Rezeki (2024) PENGARUH FASILITAS IT (INFORMASI TEKNOLOGI) DAN LITERASI DIGITAL SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 4 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (22kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN ALIVA.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (489kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (178kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI NUR ANA REZEKI ALIFA.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
Abstract
Aliva, Nur Ana Rezeki 2024. Pengaruh Fasilitas It (Informasi Teknologi) Dan Literasi Digital Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas X Di Sma Negeri 4 Kota Jambi : Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. H. Arpizal. M.Pd., (II) Novia Sri Dwijayanti, S.Pd., M.Pd Kata kunci : Fasilitas IT (Informasi Teknologi), Literasi Digital, Hasil Belajar Siswa, Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa kelas X SMAN 4 Kota Jambi yang menggunakan Fasilitas It dan Literasi Digital disekolah. Fasilitas IT dan Literasi Digital yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata Pelajaran ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh setiap variabel yaitu Fasilitas IT (Informasi Tekonologi) dan Literasi Digital terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas X Di Sma Negeri 4 Kota Jambi. Penelitian dilakukan di SMAN 4 Kota Jambi tahun 2024. Penelitian ini merupakan kuantitatif alat pengumpulan data menggunakan nilai UAS dan angket melalui google form yang disebar pada whatsApp siswa kelas X SMAN 4 Kota Jambi dengan sampel sebanyak 78 responden. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji analisis berganda, uji t, uji f, dan uji koefisian determinasi. Berdasarkan hasil analisis penelitian, menunjukan bahwa hasil Fasilitas IT memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA 4 Kota Jambi. dari hasil pengujian diperoleh nilai thitung 2,984 dengan Tingkat keyakinan 95%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Fasilitas It terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMAN 4 Kota Jambi. sementara itu, hasil analisis penelitian, menunjukan bahwa hasil Literasi digital siswa memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA 4 Kota Jambi. dari hasil pengujian diperoleh nilai thitung 2,537 dengan Tingkat keyakinan 95%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Literasi Digital terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMAN 4 Kota Jambi. Selain itu, variabel independent yaitu fasilitas it dan literasi digital secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMAN 4 Kota Jambi. Dimana dari hasil pengujian nilai Fhitung sebesar 30.876 dengan tingkat keyakinan 95%, dan diperoleh F tabel sebesar 3,1 sehingga dari perhitungan dapat dillihat bahwa Fhitung > Ftabel yaitu (30.876 > 3,1). Kemudian dengan nilai signifikansi (0,000 < 0,05). Hal ini berarti apabila variabel fasilitas it dan literasi digital mengalami hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMAN 4 Kota Jambi juga akan mengalami peningkatan.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Fasilitas IT (Informasi Teknologi), Literasi Digital, Hasil Belajar Siswa, Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Alifa |
Date Deposited: | 18 Jul 2024 08:20 |
Last Modified: | 18 Jul 2024 08:20 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/68834 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |