Hidayah Putri, Tiara (2024) Pengembangan Instrumen Tes Evaluasi Hasil Belajar Berbasis Aplikasi Kahoot Pada Mata Kuliah Media Pembelajaran Dan Tik. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK .pdf Download (224kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (256kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (190kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (104kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (198kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN .pdf Download (131kB) |
Abstract
Penggunaan instrumen tes evaluasi hasil belajar berbasis aplikasi kahoot merupakan alat evaluasi atau instrumen evaluasi yang digunakan untuk menilai dan mengevaluasi sejauh mana proses pembelajaran telah tersampaikan kepada mahasiswa. Berdasarkan hasil observasi, diketahui bahwa dosen belum memanfaatkan alat evaluasi yang modern dalam penilaian mahasiswa. Dosen masih menggunakan metode konvensional berupa tes tertulis dengan kertas. Oleh karena itu, dibutuhkan alat evaluasi yang dapat membuka pola pikir mahasiswa dalam belajar. Dengan perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan, peneliti mengembangkan alat evaluasi yang sudah ada dengan menggunakan aplikasi KAHOOT. Aplikasi ini membutuhkan sebuah perangkat yang bisa tersambung seperti handphone atau laptop dengan menggunakan jaringan data internet. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes evaluasi hasil belajar yang berbasis aplikasi Kahoot pada mata kuliah Media Pembelajaran dan TIK. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) yang melibatkan beberapa tahapan, mulai dari analisis kebutuhan, desain instrumen, validasi oleh ahli, hingga uji coba pada mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen tes yang dikembangkan valid dan reliabel dalam mengukur hasil belajar mahasiswa. Penggunaan aplikasi Kahoot terbukti meningkatkan motivasi dan partisipasi aktif mahasiswa dalam proses evaluasi. Selain itu, Kahoot juga memberikan umpan balik langsung yang membantu mahasiswa memahami materi lebih baik. Berdasarkan hasil uji validasi dan semua data yang di dapat bawasannya instrumen tes evaluasi berbasis aplikasi kahoot dapat disimpulkan yaitu alat evaluasi instrumen berbentuk test online yang dikembangkan sangat layak sebagai alat evaluasi yang baik digunakan dalam mata kuliah media pembelajaran dan tik. The use of learning outcome evaluation test instruments based on the Kahoot application is an evaluation tool or evaluation instrument used to assess and evaluate the extent to which the learning process has been conveyed to students. Based on the results of observations, it is known that lecturers have not utilized modern evaluation tools in student assessment. Lecturers still use conventional methods in the form of written paper tests. Therefore, evaluation tools are needed that can open students' thinking patterns in learning. With technological developments in the world of education, researchers developed existing evaluation tools using the KAHOOT application. This application requires a device that can be connected, such as a cellphone or laptop, using an internet data network. This research aims to develop a learning outcome evaluation test instrument based on the Kahoot application in Learning Media and ICT courses. The research method used is Research and Development (R&D) which involves several stages, starting from needs analysis, instrument design, validation by experts, to trials on students. The research results show that the test instruments developed are valid and reliable in measuring student learning outcomes. Using the Kahoot application has been proven to increase student motivation and active participation in the evaluation process. Apart from that, Kahoot also provides immediate feedback that helps students understand the material better. Based on the results of the validation test and all the data obtained from the evaluation test instrument based on the Kahoot application, it can be concluded that the instrument evaluation tool in the form of an online test that was developed is very suitable as a good evaluation tool for use in learning media and ICT courses.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Instrumen tes Evaluasi, kahoot, media pembelajaran dan Tik. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Putri |
Date Deposited: | 19 Jul 2024 06:51 |
Last Modified: | 19 Jul 2024 06:51 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/68955 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |