Sitorus, Arta Sari (2024) Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Gula Aren di Desa Jambi Tulo Kecamatan Maro Sebo Provinsi Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (126kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (159kB) |
![]() |
Text
Bab V.pdf Download (95kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (107kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (114kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (280kB) |
Abstract
ABSTRAK Aren atau enau (Arenga Pinnata Merr) menjadi salah satu jenis tanaman palma yang sangat berpotensial dan telah dikenal sebagai produk HHBK yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Gula aren menjadi salah satu produkk turunan HHBK dari aren yang paling banyak diusahakan oleh Masyarakat termasuk di Desa Jambi Tulo yang merupakan salah satu Desa yang ada di Provinsi Jambi. Di Desa Jambi Tulo terdapat tiga jalur untuk petani KTH Aren serbaguna untuk dapat memasarkan gula arennya yaitu melalui: pemasaran sendiri, retailer dan pengepul yang menyebabkan perbedaan harga jual yang diterima oleh Petani. Selain itu kondisi internal dan eksternal yang dihadapi juga berbeda dan membuat petani kesulitan dalam melakukan peningkatan penjualan karena untuk meningkatkan penjualan gula aren di Desa Jambi Tulo dibutuhkan strategi dalam pemasarannya yang disebut sebagai strategi pemasaran. Strategi pemasaran inilah yang nantinya dimanfaatkan sebagai manajemen kontrol untuk mengetahui kondisi internal dan eksternal dari sebuah Perusahaan. Strategi pemasaran berhubungan erat dengan Marketing Mix yang akan dianalisis secara sistematis dengan menggunakan analisis SWOT. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengidentifikasi dan menganalisis Bauran Pemasaran yang dijalankan oleh Petani gula aren yang melakukan pemasaran sendiri, retailer dan pengepul 2) Menganalisis faktor-faktor internal dan eksternal dalam pemasaran gula aren yang dipasarkan sendiri, melalui retailer dan pengepul 3) Merumuskan strategi pemasaran yang tepat dalam pemasaran gula aren yang dipasarkan sendiri, melalui pengecer dan melalui pengepul. Metode penelitian yang digunakan yaitu gabungan dari analisis data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data akan dilakukan melalui Wawancara, Kuesioner, Observasi, Studi Pustaka dan Dokumentasi. Dengan jumlah responden sebanyak 27 responden yang ditentukan dengan cara purposive sampling. Penelitian dilaksanakan selama 2 bulan yaitu mulai bulan Mei-Juni 2024 di Desa Jambi Tulo, Kecamatan Maro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi. Hasil dari penelitian ini adalah pada penerapan bauran pemasaran (marketing mix) yang diterapkan oleh petani KTH Aren Serbaguna jika dilihat dari strategi produk lebih menguntungkan pada saluran pemasaran 0 (petani—konsumen) karena produk yang ditawarkan lebih bervariasi dan dengan harga yang ditetapkan langsung oleh petani aren. Selain itu, Pada saluran 0 petani juga dapat lebih untuk mengetahui kebutuhan pasar dan konsumen. Sedangkan pada kondisi Internal dan Eksternal yang dihadapi pada oleh petani KTH Aren Serbaguna pada saluran 0 (petani—konsumen) berada pada kuadran II (Strategi Diversifikasi) dan saluran pemasaran 1 dan 2 sama-sama berada pada kuadran III (Strategi Turn-around). Sehingga Strategi Pemasaran yang dirumuskan untuk saluran Pemasaran 0 (petani—konsumen) yaitu mampu mempertahankan kualitas dari bahan baku yang digunakan dalam pembuatan gula aren untuk meningkatkan daya tahan gula aren serta memberikan pelayanan yang baik agar produk dapat bertahan ditengah tingginya tingkat persaingan, saluran pemasaran 1 (petani—retailer—konsumen) dengan melibatkan pihak peneliti/akademis dan dukungan Pemerintah untuk membantu petani dalam memilih maupun menambah saluran pemasaran yang efektif karena dipengecer jumlah gula yang diambil terbatas dan untuk saluran pemasaran 2 (petani—pengepul—retailer—konsumen) yaitu berani mencoba untuk lebih mengembangkan lagi variasi dari produk aren dan membangun promosi dengan menggunakan media internet untuk meningkatkan pendapatan bagi petani dan tidak hanya bergantung keuntungan dari pengepul yang saat ini hanya membeli gula aren saja. Kata kunci: Gula Aren, Strategi Pemasaran, Bauran Pemasaran, SWOT. ABSTRACT Sugar palm or enau (Arenga Pinnata Merr) is a type of palm plant that has great potential and has been known as an NTFP product that has high economic value. Palm sugar is one of the NTFP derivative products from sugar palm that is most widely cultivated by the community, including in Jambi Tulo Village, which is one of the villages in Jambi Province. In Jambi Tulo Village, there are three routes for multi-purpose KTH Aren farmers to market their palm sugar, namely through: self-marketing, retailers and collectors which causes differences in the selling prices received by farmers. Apart from that, the internal and external conditions faced are also different and make it difficult for farmers to increase sales because to increase sales of palm sugar in Jambi Tulo Village, a marketing strategy is needed which is called a marketing strategy. This marketing strategy will later be used as management control to determine the internal and external conditions of a company. Marketing strategy is closely related to the Marketing Mix which will be analyzed systematically using SWOT analysis. This research aims to: 1) Identify and analyze the Marketing Mix carried out by palm sugar farmers who market themselves, retailers and collectors 2) Analyze internal and external factors in marketing palm sugar which is marketed by themselves, through retailers and collectors 3) Formulate appropriate marketing strategy in marketing palm sugar which is marketed by itself, through retailers and through collectors. The research method used is a combination of qualitative and quantitative data analysis. Data collection techniques will be carried out through interviews, questionnaires, observations, literature studies and documentation. With a total of 27 respondents determined by purposive sampling. The research was carried out for 2 months, starting from May-June 2024 in Jambi Tulo Village, Maro Sebo District, Muaro Jambi Regency, Jambi Province. The results of this research are the application of the marketing mix applied by KTH Aren Versatile farmers when viewed from the product strategy which is more profitable in marketing channel 0 (farmers-consumers) because the products offered are more varied and with prices set directly by the farmers sugar palm. Apart from that, on channel 0 farmers can also find out more about market and consumer needs. Meanwhile, the internal and external conditions faced by KTH Aren Versatile farmers in channel 0 (farmers-consumers) are in quadrant II (Diversification Strategy) and marketing channels 1 and 2 are both in quadrant III (Turn-around Strategy). So the Marketing Strategy formulated for Marketing channel 0 (farmers-consumers) is able to maintain the quality of the raw materials used in making palm sugar to increase the durability of palm sugar and provide good service so that the product can survive amidst high levels of competition, marketing channel 1 (farmers—retailers—consumers) by involving researchers or academics and government support to help farmers in choosing or adding effective marketing channels because at retailers the amount of sugar taken is limited and for marketing channel 2 (farmers—collectors—retailers—consumers) namely bold trying to further develop the variety of palm products and build promotions using internet media to increase income for farmers and not only depend on profits from collectors who currently only buy palm sugar. Keywords: Palm Sugar, Marketing Strategy, Marketing Mix, SWOT
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gula Aren, Strategi Pemasaran, Bauran Pemasaran, SWOT. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Kehutanan |
Depositing User: | Sitorus |
Date Deposited: | 06 Aug 2024 03:33 |
Last Modified: | 06 Aug 2024 03:33 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/69826 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |