STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM DI DESA TANGKIT BARU MUARO JAMBI DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING

SARI, NOVITA (2024) STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM DI DESA TANGKIT BARU MUARO JAMBI DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (11kB)
[img] Text
PERSETUJUAN,PENGESAHAN,KEASLIAN.pdf

Download (344kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (282kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (335kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (381kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (127kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persaingan yang terjadi antara UMKM di Desa Tangkit Baru, strategi yang dapat diterapkan serta faktor yang menentukan tingkat daya saing para UMKM Desa Tangkit Baru. Data yang digunakan pada penelitian ini ialah data primer dan data sekunder. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif melalui pendekatan analisis SWOT. Hasil pembahasannya adalah persaingan yang terjadi antara UMKM satu sama lain di Desa Tangkit Baru cenderung secara sehat dimana memiliki inovasi dan kretivitas masing – masing, harga yang wajar dan bersaing, kualitas produk yang dihasilkan berkualitas baik, para pelaku UMKM di Desa Tangkit Baru juga saling menghargai nama baik masing-masing dan tidak saling menjatuhkan produk UMKM lain. Untuk strategi pemasaran yang dilakukan hampir sama mulai dari pemasaran di swalayan yang ada di Kota Jambi, di toko oleh – oleh Jambi, dan bumdes di Desa Tangkit Baru. Inovasi dari para UMKM antara lain Selai Nanas Goreng, Dodol Nanas, Bolu Nanas, Keripik Nanas, Coklat Nanas, Pangsit Nanas, Selai Molen Nanas. Para pemilik UMKM ini berusaha untuk menciptakan produk sebaik mungkin mulai dari pemilihan bahan baku yang premium, pengolahan yang baik, rasa yang konsisten di setiap pembuatannya, serta pelayanan yang baik. Kata Kunci : UMKM, Strategi, Daya Saing, Pengembangan. ABSTRACT The aim of this research is to determine the competition that occurs between MSMEs in Tangkit Baru Village, the strategies that can be implemented and the factors that determine the level of competitiveness of the MSMEs in Tangkit Baru Village. The data used in this research are primary data and secondary data. The research method used is qualitative research using a SWOT analysis approach. The results of the discussion are that the competition that occurs between MSMEs with each other in Tangkit Baru Village tends to be healthy, where they have their own innovation and creativity, prices are reasonable and competitive, the quality of the products produced is of good quality, MSMEs in Tangkit Baru Village also respect each other. each other's good names and not bring down each other's MSME products. The marketing strategy used is almost the same, starting from marketing in supermarkets in Jambi City, in Jambi souvenir shops, and village-owned enterprises in Tangkit Baru Village. Innovations from MSMEs include Fried Pineapple Jam, Pineapple Dodol, Pineapple Bolu, Pineapple Chips, Pineapple Chocolate, Pineapple Dumplings, Pineapple Molen Jam. The owners of these MSMEs try to create the best possible products starting from selecting premium raw materials, good processing, consistent taste in every production, and good service. Keywords: MSMEs, Strategy, Competitiveness, Development.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: UMKM, Strategy, Competitiveness, Development.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Islam
Depositing User: Sari
Date Deposited: 14 Aug 2024 03:29
Last Modified: 14 Aug 2024 03:29
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/70019

Actions (login required)

View Item View Item