PENGARUH MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP PEMAHAMAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 11 MUARO JAMBI

Ulfa, Wildayanti PENGARUH MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP PEMAHAMAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 11 MUARO JAMBI. JURNAL PENGARUH MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP PEMAHAMAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 11 MUARO JAMBI.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (169kB)
[img] Text
pengesahan.pdf

Download (600kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (24kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (286kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (75kB)

Abstract

ABSTRAK Ulfa, Wildayanti. 2018 “Pengaruh Model Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Pemahaman dan Hasil Belajar siswa dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 11 Muaro Jambi”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I Prof. Dr. Drs. Rahmat Murbojono, M.Pd. Pembimbing II Reka Seprina, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci : Hasil Belajar, Pemahaman, dan Model Student Teams Achievement Division Pemahaman dan hasil belajar peserta didik dalam proses pembelajaran merupakan salah satu faktor Yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran. Hasil observasi awal yang dilakukan peneliti pada kelas XI IPS SMA Negeri 11 Muaro Jambi, menunjukkan bahwa pemahaman belajar sejarah siswa masih tergolong redah sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap pemahaman dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 11 Muaro Jambi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian yakni eksperimen. Variabel bebas (Independen variabel) yaitu model Student Teams Achievement Division (X), variabel terikat (Dependen variabel) Pemahaman (Y1) dan hasil belajar (Y2). Pelaksanaan penelitian dilakukan di SMA Negeri 11 Muaro Jambi. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini yakni kelas XI IPS 1 berjumlah 32 orang dan kelas XI IPS 2 berjumlah 32 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model Student Teams Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran sejarah di kelas XI IPS 2 adalah 85 lebih tinggi dibandingkan rata-rata nilai skor pengamatan akhir kelas XI IPS SMAN 11 Muaro Jambi. Hal ini ditunjukkan dengan diperoleh hasil koefisien berdasarkan Thitung = 3,307. Dengan demikian nilai Thitung ≥ Ttabel (3,307 > 1.694). Diketahui model Student Teams Achievement Division berpengaruh positif yang signifikan terhadap pemahaman dan hasil belajar siswa yang mana model Student Teams Achievement Division dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 11 Muaro Jambi.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: WILDAYANTI ULFA
Date Deposited: 31 Jan 2019 03:03
Last Modified: 31 Jan 2019 03:03
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7028

Actions (login required)

View Item View Item