Pengembangan LKPD Matematika Menggunakan Model Realistic Mathematics Education (RME) di Kelas V Sekolah Dasar

Husna, Elvira Nathalia (2024) Pengembangan LKPD Matematika Menggunakan Model Realistic Mathematics Education (RME) di Kelas V Sekolah Dasar. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
abstrak_elvira.pdf

Download (95kB)
[img] Text
bab 1 elvira.pdf

Download (153kB)
[img] Text
bab 5 elvira.pdf

Download (94kB)
[img] Text
Cover_elvira.pdf

Download (5MB)
[img] Text
dapus elvira.pdf

Download (136kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI (3).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
Halaman Pengesahan_Elvira.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://respository.unja.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD matematika menggunakan model RME di kelas V sekolah dasar dan untuk mengetahui tingkat kelayakan LKPD matematika menggunakan model Reaslistic Mathematics Education (RME) di kelas V sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan di SDN 36/10 Nipah Panjang II pada Agustus 2024. Data penelitian ini diperoleh dengan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif (mix methode). Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini yakni model pengembangan ADDIE yang terdiri atas tahapan Analisis (Analyze), merancang (Design), mengembangkan (Development), Implementasi (Implementation) dan Evaluasi (Evaluate). Subjek uji coba pada produk adalah guru dan peserta didik. Data diperoleh dari angket validasi bahasa, materi, dan media. Teknik analisis data yang digunakan dalam pengembangan ini mencakup data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini diperoleh produk berupa LKPD matematika menggunakan model Reaslistic Mathematics Education (RME) materi bilangan pecah yang dirancang menggunakan Aplikasi Canva. Adapun hasil skor rata-rata yang diperoleh dari validasi akhir ahli materi sebesar 4,2 dengan kategori valid, ahli media memperoleh skor rata-rata sebesar 4,8 dengan kategori sangat valid, ahli bahasa memperoleh hasil skor rata-rata sebesar 4,4 dengan kategori valid. Hasil skor rata-rata penilaian guru sebesar 5 dengan kategori sangat praktis. Hasil respon peserta didik kelas V SDN 36/10 Nipah Panjang II yakni sebesar 4,46 dikategorikan sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa LKPD matematika menggunakan model Realistic Mathematics Education (RME) di kelas V sekolah dasar sudah layak digunakan.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: LKPD, Reaslistic Mathematics Education, Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: HUSNA
Date Deposited: 10 Sep 2024 06:57
Last Modified: 10 Sep 2024 06:57
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/70439

Actions (login required)

View Item View Item