Pengembangan e-LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA Pada Materi Asam Basa

Yunita, Laily (2024) Pengembangan e-LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA Pada Materi Asam Basa. S1 thesis, UNIVERSITAS UNJA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (138kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (116kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (186kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf

Download (320kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Yunita, Laily. 2024, “Pengembangan e-LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA Pada Materi Asam Basa”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Pembimbing (I) Dra. Yusnidar, M. Pd. (II) Afrida, S. Si., M. Si. Kata Kunci: e-LKPD, Inkuiri Terbimbing, Berpikir Kreatif, Asam Basa. e-LKPD merupakan suatu bahan ajar berbentuk elektronik yang juga berisikan materi dan tugas-tugas pada proses kegiatan yang dikerjakan oleh peserta didik Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan e-LKPD berbasis inkuiri berdasarkan model pengembangan Lee & Owen, mengetahui kelayakan atas penggunaan e-LKPD berbasis inkuiri terbimbing pada materi asam basa menurut ahli media dan ahli materi, mengetahui penilaian tenaga pendidik dan respon peserta dan mengetahui pengaruh e-LKPD berbasis inkuiri terbimbing terhadap berpikir kreatif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan Lee & Owen dan hanya dilakukan sebatas uji coba kelompok kecil. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman hasil wawancara dan angket kebutuhan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif yang berupa komentar dan saran serta analisis kuantitatif yang berupa skor jawaban dan presentase. Hasil dari penelitian ini bahwa e-LKPD berbasis inkuiri terbimbing pada materi asam basa mendapatkan hasil kelayakan ahli materi 4,6 (Sangat Layak), ahli media sebesar 4,47 (Sangat Layak), penilaian oleh guru sebesar 4,8 (Sangat Baik), serta mendapatkan respon yang baik dari peserta didik dengan persentase respon peserta didik sebesar 77,2%. Berdasarkan penelitian dan pengembangan dapat disimpulkan bahwa e-LKPD berbasis inkuiri terbimbing sudah layak digunakan sebagai salah satu media dalam pembelajaran kimia. Yunita, Laily. 2024, "Development of Guided Inquiry-Based e-LKPD to Enhance High School Students' Creative Thinking Skills on Acid-Base Material." Thesis, Chemistry Education Study Program, Department of Mathematics and Natural Sciences Education, Faculty of Teacher Training and Education, Jambi University. Supervisors: (I) Dra. Yusnidar, M. Pd. (II) Afrida, S. Si., M. Si. Keywords: e-LKPD, Guided Inquiry, Creative Thinking, Acids and Bases. e-LKPD is an electronic teaching material that also contains content and tasks for the activities carried out by students. This research aims to determine the process of developing inquiry-based e-LKPD based on the Lee & Owen development model, to assess the feasibility of using guided inquiry-based e-LKPD on the topic of acids and bases according to media and content experts, to evaluate the feedback from educators and participants, and to investigate the impact of guided inquiry-based e-LKPD on students' creative thinking. This study is a development research using the Lee & Owen development model and was conducted only as a small group trial. The research instruments used are interview guidelines and a needs assessment questionnaire. The data analysis techniques used are qualitative analysis in the form of comments and suggestions, as well as quantitative analysis in the form of answer scores and percentages. The results of this study indicate that the guided inquiry-based e-LKPD on acid-base material received a material expert rating of 4.6 (Very Feasible), a media expert rating of 4.47 (Very Feasible), a teacher assessment of 4.8 (Very Good), and received positive responses from students with a student response percentage of 77.2%. Based on the research and development, it can be concluded that the guided inquiry-based e-LKPD is suitable to be used as one of the media in chemistry learning.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: e-LKPD, Inkuiri Terbimbing, Berpikir Kreatif, Asam Basa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: YUNITA
Date Deposited: 12 Sep 2024 07:31
Last Modified: 12 Sep 2024 07:31
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/70503

Actions (login required)

View Item View Item