Strategi Guru Dalam Mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Gotong Royong Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV di Sekolah Dasar

CHAERUNISA, FITHA (2024) Strategi Guru Dalam Mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Gotong Royong Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV di Sekolah Dasar. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text (Strategi Guru Dalam Mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Gotong Royong Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV di Sekolah Dasar)
COVER.pdf - Published Version

Download (23kB)
[img] Text (Strategi Guru Dalam Mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Gotong Royong Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV di Sekolah Dasar)
PENGESAHAN DAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Strategi Guru Dalam Mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Gotong Royong Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV di Sekolah Dasar)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (8kB)
[img] Text (Strategi Guru Dalam Mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Gotong Royong Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV di Sekolah Dasar)
BAB I.pdf - Published Version

Download (86kB)
[img] Text (Strategi Guru Dalam Mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Gotong Royong Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV di Sekolah Dasar)
BAB V.pdf - Published Version

Download (32kB)
[img] Text (Strategi Guru Dalam Mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Gotong Royong Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV di Sekolah Dasar)
DAFTAR RUJUKAN.pdf - Published Version

Download (179kB)
[img] Text (Strategi Guru Dalam Mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Gotong Royong Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV di Sekolah Dasar)
Skripsi_Fitha Chaerunisa_A1D120094-dikompresi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam mengimplementasikan profil pelajar pancasila dimensi gotong royong pada pembelajaran pendidikan pancasila yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 13/I Muara Bulian Pada Maret 2024. Data penelitian diperoleh dengan melakukan wawancara kepada seluruh wali kelas IV di SD Negri 13/I Muara Bulian (sebagai data utama penelitian), observasi lapangan, dan studi dokumentasi. Analisis data penelitian terbagi menjadi 3 tahapan yaitu tahap reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini ialah dari tahap Perencanaan, Perencanaan, yang pertama guru lakukan dalam proses perencanaan ini guru melakukan asasmen awal terhadap siswa supaya guru mengetahui kebutuhan siswa dalam melaksanakan pembelajaran nantinya. Setelah mengetahui kebutuhan siswa, guru merancang modul ajar pembelajaran Pendidikan Pancasila, Pada tahap Pelaksanaan, Proses pelaksanaan atau implementasi yang guru lakukan dalam proses ini dilaksanakan sesuai dengan yang sudah guru susun didalam modul pembelajaran, dimana di dalam modul pembelajaran sudah terdapat tahap-tahap pembelajaran yang terkandung nilai-nilai gotong royong didalamnya. Guru juga menekankan pentingnya nilai dari gotong royong ini, yang nantinya dapat siswa terima dan siswa terapkan pada kehidupan sehari hari. Terakhir pada tahap Evaluasi, Evaluasi, pada tahapan terakhir ini guru melakukan proses evaluasi dalam proses pembelajaran ini, hal ini dilakukan supaya Setelah mengikuti proses pembelajaran, guru dapat mengetahui tingkat keberhasilan yang dicapai siswa. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru tetap melaksanakan setiap tahapan pembelajaran dengan lebih optimal sebagai uapaya meningkatkan sistem pendidikan di Indonesia.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Profil Pelajar Pancasila, Pendidikan Pancasila
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: CHAERUNISA
Date Deposited: 11 Sep 2024 03:17
Last Modified: 11 Sep 2024 03:17
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/70508

Actions (login required)

View Item View Item