Putri, Aniza Novalia (2024) Hubungan Konformitas Teman Sebaya dengan Regulasi Diri Siswa di SMP Negeri 16 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (592kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (448kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (132kB) |
![]() |
Text
Daftar pustaka.pdf Download (553kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI ANIZAA.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text
persetujuan skripsi niza.pdf Download (778kB) |
Abstract
Konformitas teman sebaya memiliki peran dalam perkembangan regulasi diri siswa. Interaksi dengan teman sebaya yang sesuai akan berdampak pada proses siswa dalam mengembangkan kemampuan untuk mengelola diri sendiri. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan (1) Bagaimanakah tingkat konformitas teman sebaya pada siswa di SMP Negeri 16 Kota Jambi?, (2) Bagaimanakah tingkat regulasi diri siswa di SMP Negeri 16 Kota Jambi?, (3) Apakah terdapat hubungan yang signifikan antara konformitas teman sebaya dengan regulasi diri siswa di SMP Negeri 16 Kota Jambi?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini merupakan siswa-siswi kelas VII dan VIII di SMP Negeri 16 Kota Jambi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan stratified random sampling sehingga didapatkan jumlah sampel sebanyak 250 siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif, asumsi statistik, dan korelasi dengan metode product moment. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa (1) Tingkat konformitas teman sebaya mencakup aspek ketaatan, kesepakatan dan kekompakan termasuk kedalam kategori tinggi yakni dengan nilai persentase 64,9% (2) Tingkat regulasi diri siswa mencakup aspek metakognisi, motivasi dan perilaku termasuk kedalam kategori tinggi yakni dengan nilai persentase 67,6%, (3) Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara konformitas teman sebaya dengan regulasi diri siswa. Hasil analisis dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 dengan perolehan r hitung 0,332 yang ditafsirkan sebagai korelasi rendah. Hasil penelitian bersifat positif yang dapat diartikan bahwa semakin tinggi tingkat konformitas teman sebaya maka akan semakin tinggi pula tingkat regulasi diri siswa dan sebaliknya semakin rendah tingkat konformitas teman sebaya maka semakin rendah juga regulasi diri siswa. Kata kunci : Konformitas Teman Sebaya; Regulasi Diri Peer conformity has a role in the development of student self-regulation. Interaction with appropriate peers will have an impact on students' process of developing the ability to manage themselves. Therefore, this research aims to reveal (1) What is the level of peer conformity among students at SMP Negeri 16 Jambi City?, (2) What is the level of self-regulation of students at SMP Negeri 16 Jambi City?, (3) Is there a significant relationship? Between peer conformity and student self-regulation at SMP Negeri 16 Jambi City?. This research uses a quantitative approach with correlational research methods. The population in this study were students in class VII and VIII at SMP Negeri 16 Jambi City. The sampling technique in this research used stratified random sampling so that a sample size of 250 students was obtained. Data analysis techniques are carried out using descriptive analysis, statistical assumptions, and correlation with the product moment method. Based on the research results, it is known that (1) The level of peer conformity including aspects of obedience, agreement and cohesiveness is included in the high category, namely with a percentage value of 64.9% (2) The level of student self-regulation including aspects of metacognition, motivation and behavior is included in the high category, namely with a percentage value of 67.6%, (3) The results of the research show that there is a significant relationship between peer conformity and student self-regulation. The analysis results with a significant value of 0.000 <0.05 with a calculated r of 0.332 which is interpreted as a low correlation. The research results are positive, which means that the higher the level of peer conformity, the higher the student's level of self-regulation and conversely, the lower the level of peer conformity, the lower the student's self-regulation. Keywords: Peer Conformity; Self Regulation
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Konformitas Teman Sebaya; Regulasi Diri |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | PUTRI |
Date Deposited: | 11 Sep 2024 07:39 |
Last Modified: | 11 Sep 2024 07:39 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/70521 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |