Fitriani, Rizka (2024) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP PERILAKU AGRESI VERBAL PADA SISWA DI SMAN 4 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (10kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (425kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (77kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (31kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (395kB) |
![]() |
Text
lembar pengesahan skripsi.pdf Download (774kB) |
![]() |
Text
Skripsi Full A1E120044 Rizka Fitriani.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Perilaku agresi verbal pada siswa merupakan salah satu masalah yang sering dihadapi di sekolah, termasuk di SMAN 4 Kota Jambi. Jika perilaku tersebut dibiarkan terus menerus maka akan dapat menyebabkan terjadinya keretakan dalam hubungan antar siswa. Oleh karena itu untuk mengurangi perilaku agresi verbal tersebut digunakan sebuah layanan bimbingan dan konseling yaitu layanan bimbingan kelompok dengan teknik Role playing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Tingkat perilaku agresi verbal pada siswa sebelum diberikan Layanan (2) Tingkat perilaku agresi verbal pada siswa sesudah diberikan Layanan 3) Apakah terdapat pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing terhadap perilaku agresi verbal pada siswa di SMAN 4 Kota Jambi Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen dan variasi pre-eksperimental one group Pretest Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI.F10 dan XI.F12 di SMAN 4 Kota Jambi. Adapun pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan pertimbangan tertentu yang disarankan oleh guru BK SMAN 4 Kota Jambi, diperoleh sampel sebanyak 10 siswa. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner/angket perilaku agresi verbal dengan jumlah item sebanyak 35 item . Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan KIN (Kontiunum Internal Normatif), uji normalitas dan uji T-test untuk uji beda. Hasil rata-rata Pretest siswa sebelum diberikan treatment sebesar 114,1 dan termasuk dalam kategori TINGGI dan setelah diberikan treatment rata-rata Posttest turun menjadi 74,2 dengan kategori SEDANG. Uji T-test menunjukkan nilai T�hitung 7,603, lebih besar dari T-tabel 2,228, dengan nilai Sig. (2-tailed) 0,000, menunjukkan perbedaan signifikan antara Pretest dan Posttest. Maka dapat disimpulkan bahwa pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing memberikan pengaruh terhadap perilaku agresi verbal pada siswa. Kata Kunci : Layanan Bimbingan Kelompok, Teknik Role playing, Perilaku Agresi Verbal. Verbal aggression behavior in students is one of the problems often faced in schools, including at SMAN 4 Kota Jambi. If this behavior is allowed to continue, it can cause a rift in the relationship between students. Therefore, to reduce verbal aggression behavior, a guidance and counseling service is used, namely group guidance services with Role playing techniques. This study aims to determine (1) The level of verbal aggression behavior in students before being given the Service (2) The level of verbal aggression behavior in students after being given the Service 3) Is there an effect of group guidance services with role playing techniques on verbal aggression behavior in students at SMAN 4 Kota Jambi This study is a type of quantitative research using experimental research methods and pre-experimental one group Pretest Posttest variations. The population in this study were students in grades XI.F10 and XI.F12 at SMAN 4 Kota Jambi. The sampling in this study used a purposive sampling technique based on certain considerations suggested by the BK teacher of SMAN 4 Kota Jambi, obtaining a sample of 10 students. The data collection tool in this study used a questionnaire / questionnaire on verbal aggression behavior with a total of 35 items. The data analysis technique used was KIN (Internal Normative Continuum), normality test and T-test for different tests. The average result of the student's Pretest before being given treatment was 114.1 and was included in the HIGH category and after being given treatment the average Posttest dropped to 74.2 with the MEDIUM category. The T-test test showed a T count value of 7.603, greater than the T-table of 2.228, with a Sig. (2-tailed) value of 0.000, indicating a significant difference between the Pretest and Posttest. It can be concluded that the provision of group guidance services with role-playing techniques has an effect on verbal aggression behavior in students. Keywords: Group Guidance Services, Role-playing Techniques, Verbal Aggression Behavior.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | FITRIANI |
Date Deposited: | 11 Sep 2024 08:12 |
Last Modified: | 11 Sep 2024 08:12 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/70528 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |