Nur Azizah, Dwi Setya (2024) Hubungan Motivasi Belajar Dengan Konsep Diri Siswa SMA Negeri 8 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK .pdf Download (274kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (541kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (510kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (359kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (415kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN_compressed.pdf Download (307kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI_compressed.pdf Restricted to Repository staff only Download (423kB) |
Abstract
Penelitian ini bertolak dari kesenjangan yang ditemui dilapangan yaitu beberapa siswa merasa kurang mampu akan kemampuan dirinya dalam memahami materi pelajaran yang ada, siswa merasa kurang mampu akan kemampuan dirinya dalam mengerjakan tugas latihan disekolah. Siswa mempercayai persepsi orang lain tentang dirinya seperti persepsi kurang pintar dan malas belajar. Siswa cenderung cepat bosan dan kurang aktif dalam belajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa tingkat motivasi belajar siswa kelas X SMAN 8 Kota Jambi, untuk mengetahui berapa tingkat konsep diri siswa kelas X SMAN 8 Kota Jambi, dan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan konsep diri siswa siswa kelas X SMAN 8 Kota Jambi. Motivasi belajar yang dimaksud dalam penelitian ini, cognitive motives, self-expression, self-enhancement . Konsep diri yang dimaksudkan dalam penelitian ini, yaitu kemampuan ( competence), perasaan mempunyai arti bagi orang lain (signifance to others), kebajikan (virtues), dan kekuatan (power). Metode yang digunakan adalah metode korelasional, jumlah populasi 336 dengan sampel 84 responden, teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan analisis data persentase dan analisis korelasi. Hasil penelitian ini tingkat motivasi belajar yaitu berada pada kategori tinggi dengan persentase menunjukkan sebesar 69%, tingkat konsep diri berada pada kategori tinggi dengan presentase menunjukkan sebesar 73,55%, terdapat hubungan secara signifikan sig.f 0,000 ≤ 0,05, pearson correlation sebesar 0,616 pada rentang (0,41 – 0,70) yang berada pada tafsiran korelasi sedang (hubungan memadai). Rekomendasi yang diberikan temuan penelitian dapat memberikan manfaat dan masukan bagi siswa, dan menjadi pertimbangan pengembangan program layanan BK di sekolah. Kata Kunci : Motivasi Belajar, Konsep Diri
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar, Konsep Diri |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Azizah |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 07:03 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 07:03 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/70559 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |