Ayu, Yuni Faska (2024) Eksplorasi Kemampuan Peserta Didik Kelas IV dalam Menulis Cerita Pendek. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Skripsi Yuni Faska Ayu Lengkap.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (71kB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (912kB) |
![]() |
Text
abstrak.pdf Download (216kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (200kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (190kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (212kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan peserta didik dalam menulis cerpen dan menganalisis kesulitan yang dihadapi peserta didik dalam mengembangkan cerita. Penelitian ini dilakukan di SDN 112/IX Maro Sebo, melibatkan 17 peserta didik kelas IV dan satu guru. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data penelitian diperoleh melalui observasi terhadap proses pembelajaran menulis cerpen, penilaian konten hasil tulisan peserta didik, dan wawancara dengan guru kelas IV. analisis data dilakukan menggunakan teknik analisis deskriptif untuk observasi, analisis hasil menulis cerpen peserta didik, analisis tematik untuk wawancara, dan integrasi data dari berbagai sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik mampu dalam mengembangkan ide cerita, karakter dalam cerpen dan menggunakan latar belakang cerita yang cukup jelas. Meskipun demikian, peserta didik mengalami kesulitan dalam mengembangkan latar belakang pengarang dan menyesuaikan gaya bahasa dengan genre cerpen yang mereka tulis. Penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang pembelajaran menulis cerpen di sekolah dasar. Implikasi praktisnya termasuk perlunya pengembangan strategi pengajaran yang lebih terfokus. Dengan demikian, hasil penelitian ini dapat memberikan panduan bagi pengembangan kurikulum dan pelatihan guru yang lebih baik dalam mendukung kemampuan peserta didik dalam menulis cerpen secara kreatif dan efektif.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Menulis cerpen, kemampuan peserta didik, kesulitan peserta didik. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | AYU |
Date Deposited: | 19 Sep 2024 06:43 |
Last Modified: | 19 Sep 2024 06:44 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/70669 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |