Sinurat, Anta (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN STEAM (SCIENCE. TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART, AND MATHEMATIC) TERHADAP KEMAMPUAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN DI TK HAPPY HOLY KIDS KARYA CEMERLANG. S1 thesis, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini.
![]() |
Text
0. COVER SKRIPSI.pdf Download (21kB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan (2).pdf Download (361kB) |
![]() |
Text
1. ABSTRAK.pdf Download (11kB) |
![]() |
Text
3. BAB I SKRIPSI.pdf Download (143kB) |
![]() |
Text
7. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Download (39kB) |
![]() |
Text
8. DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI.pdf Download (187kB) |
Abstract
Anta, Sinurat. 2024. Pengaruh Pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, And Mathematic ) Terhadap Kemampuan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Happy Holy Kids Karya Cemerlang : Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing: (1). Drs. Tumewa Pangaribuan, M.Pd., (2) Rizki Surya Amanda, M.Pd Kata kunci: STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, And Mathematic ), Kemampuan Higher Order Thinking Skills (HOTS), Anak Usia Dini. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan hasil pengamatan peneliti di lapangan yang menunjukkan bahwa perkembangan kemampuan berpikir tingkat tinggi pada beberapa anak usia dini masih belum berkembang. Peneliti mencoba melakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematic). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran STEAM terhadap kemampuan HOTS pada anak usia 5-6 tahun di Tk Happy Holy Kids Karya Cemerlang. Jenis penelitian kuantitatif quasi eksperimen (eksperimen semu) dengan desain nonequivalent control group design menggunakan kelompok eksperimen (kelompok yang akan diberi perlakuan) dan kelompok kontrol (kelompok yang tidak diberi perlakuan) . Populasi penelitian ini berjumlah 35 anak, sampel penelitian 23 anak. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling dan terpilih kelas TK B 1 dan 2 yaitu ber usia 5-6 tahun. Rumusan masalah penelitian ini apakah terdapat pengaruh pembelajaran STEAM terhadap kemampuan (HOTS) pada anak usia 5-6 Tahun di Tk Happy Holy Kids Karya Cemerlang. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis, dengan hipotesis (Ha) terdapat pengaruh pembelajaran STEAM terhadap kemampuan HOTS anak usia 5-6 tahun dan (Ho) tidak terdapat pengaruh pembelajaran terhadap kemampuan HOTS anak usia 5-6 tahun Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran STEAM berpengaruh terhadap kemampuan HOTS anak usia dini di TK Happy Holy Kids Karya Cemerlang, Hal ini dapat dilihat melalui hasil pengujian hipotesis uji t bahwa t hitung > t tabel yaitu 2,642 > 2,201 ini menunjukkan terdapat pengaruh penggunaan pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematic) terhadap kemampuan Higher Order Thingking Skills (HOTS) anak usia 5-6 tahun di TK Happy Holy Kids Karya Cemerlang dengan kriteria interpretasi 0,416 yang memiliki kriteria pengaruh yang sedang (Moderate Effect).
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Sinurat |
Date Deposited: | 01 Oct 2024 07:39 |
Last Modified: | 01 Oct 2024 07:39 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/70949 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |