Pengaruh Media Flashcard Berbahan Loosepart Terhadap Kemampuan Numeracy Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Negeri Pembina Kayu Aro Barat

hati, permata indah (2024) Pengaruh Media Flashcard Berbahan Loosepart Terhadap Kemampuan Numeracy Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Negeri Pembina Kayu Aro Barat. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAKk.pdf

Download (130kB)
[img] Text
BAB 1-5 Indah (11).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (117kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (28kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (173kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95kB)
[img] Text
hal pengesaahan.pdf

Download (639kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Indah Permata Hati. 2024. “Pengaruh Media Flash Card berbahan loose part terhadap kemampuan numeracy anak usia dini di TK Negeri Pembina Kayu Aro”. Skripsi. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I, Drs. Tumewa Pangaribuan, M.Pd. Pembimbing II, Rizki Surya Amanda, M.Pd Kata Kunci: Media Flash Card berbahan loose part, kemampuan numeracy anak Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan metode eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah anak kelas Apel yang berjumlah 15 orang dari keseluruhan populasi yang dipilih menggunakan Teknik sampling purposiv. Berdasarkan hasil penelitian untuk data tes awal di dapat L hitung 0,2089 yang < L tabel 0.2287 sedangkan untuk data tes akhir didapat L hitung sebesar 0,1356 yang< L tabel 0,2287. Maka dapat disimpulkan bahwa kedua kelompok data berdistribusi normal. Dalam melakukan uji homogenitas variansi adalah uji F. Dengan n1 = 15, n2 = 15, S12 data tes awal = 3.07 dan S22 data tes akhir = 0,78. S12 Selanjutnya dengan dk pembilang (V1) = 15 dan dk penyebut (V2) = 15 diperoleh Fhitung secara keseluruhan sebesar 3.92 dengan Ftabel = 4.54. angka batas penolakan hipotesis nol dalam ttabel adalah 1.7613, sedangkan nilai t yang diperoleh adalah sebesar 9.72, ternyata t > t dari angka batas penolakan hipotesis nol. Dengan demikian hipotesis nol diterima, hal ini berarti, terdapat pengaruh media flash card berbahan loose part terhadap kemampuan numeracy anak usia dini di TK Negeri Pembina Kayu Aro. Sehingga kesimpulan penelitian ini terdapat pengaruh media flash card berbahan loose part terhadap kemampuan numeracy anak usia dini di TK Negeri Pembina Kayu Aro. adalah kategori kuat demngan nilai 2.6629 yang berada pada rentang > 1 yaitu kategori kuat (Strong effect). ABSTRACT Indah Permata Hati. 2024. “The Influence of Loose Part-Based Flash Card Media on Early Childhood Numeracy Skills at TK Negeri Pembina Kayu Aro.” Thesis. Early Childhood Education Teacher Training. Department of Education Science, FKIP Jambi University. Supervisor I: Drs. Tumewa Pangaribuan, M.Pd. Supervisor II: Rizki Surya Amanda, M.Pd. Keywords: Loose part-based flash card media, early childhood numeracy skills. This study is a quantitative research utilizing an experimental method. The sample consists of 15 children from the Apel class, selected using purposive sampling techniques. Based on the research findings, the initial test data showed a calculated L value of 0.2089, which is less than the table L value of 0.2287. In contrast, the final test data revealed a calculated L value of 0.1356, also less than the table L value of 0.2287. This indicates that both data groups are normally distributed. The homogeneity of variance test used the F-test, with n1 = 15, n2 = 15, S1² for the initial test = 3.07, and S2² for the final test = 0.78. The overall calculated F value is 3.92, with a table F value of 4.54. The rejection threshold for the null hypothesis in the t-table is 1.7613, while the obtained t value is 9.72, showing t > t at the rejection threshold. Therefore, the null hypothesis is accepted, indicating a significant influence of loose part-based flash card media on early childhood numeracy skills at TK Negeri Pembina Kayu Aro. The conclusion of this research is that there is a strong influence of loose part-based flash card media on early childhood numeracy skills at TK Negeri Pembina Kayu Aro, with an effect size of 2.6629, categorized as strong (Strong effect).

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Loose part-based flash card media, early childhood numeracy skills.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: hati
Date Deposited: 02 Oct 2024 07:44
Last Modified: 02 Oct 2024 07:44
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/70995

Actions (login required)

View Item View Item