Resiliensi Akademik Mahasiswa International Student Change Asal Gambia

Aulia, Yudha Prima (2024) Resiliensi Akademik Mahasiswa International Student Change Asal Gambia. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Skripsi A1E120042 Yudha Prima.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (516kB)
[img] Text
ABSTAK.pdf

Download (36kB)
[img] Text
pengesahan skripsi yudha.pdf

Download (445kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (47kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (30kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji resiliensi akademik mahasiswa internasional asal Gambia yang mengikuti program pertukaran mahasiswa di Universitas Jambi. Resiliensi akademik didefinisikan sebagai kemampuan mahasiswa untuk bertahan, mengatasi, dan berkembang meskipun menghadapi berbagai tantangan dan tekanan dalam lingkungan akademik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, di mana data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan dua mahasiswa asal Gambia yang sedang menempuh studi di Universitas Jambi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa resiliensi akademik mahasiswa asal Gambia dipengaruhi oleh beberapa faktor utama, termasuk pengaturan emosi, kontrol terhadap impuls, optimisme, kemampuan menganalisis masalah, empati, efikasi diri, dan pencapaian. Mahasiswa yang resilien mampu mengelola emosinya dengan baik, memiliki kontrol yang kuat terhadap dorongan negatif, optimis dalam menghadapi tantangan, mampu menganalisis dan mencari solusi atas masalah yang dihadapi, memiliki empati terhadap teman-teman, percaya pada kemampuan dirinya, dan mampu bangkit dari kesulitan. This research aims to examine the academic resilience of international students from Gambia who took part in a student exchange program at Jambi University. Academic resilience is defined as a student's ability to survive, overcome, and develop despite facing various challenges and pressures in the academic environment. This research uses a descriptive qualitative approach, where data is collected through in-depth interviews with two students from Gambia who are studying at Jambi University.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: resiliensi akademik, mahasiswa internasional, Gambia, pengaturan emosi, dukungan sosial, adaptasi budaya.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: AULIA
Date Deposited: 03 Oct 2024 07:58
Last Modified: 03 Oct 2024 07:59
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/71037

Actions (login required)

View Item View Item