Ramadhan, Muhammad Firly (2024) PERANCANGAN UI/UX SISTEM MARKETPLACE BERBASIS MOBILE PADA FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS JAMBI MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Skripsi F1E120007 Bab 1.pdf Download (154kB) |
![]() |
Text
Skripsi F1E120007 Bab 5.pdf Download (90kB) |
![]() |
Text
Skripsi Muhammad Firly Ramadhan F1E120007.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text
Skripsi Cover.pdf Download (99kB) |
![]() |
Text
Skripsi Pernyataan.pdf Download (253kB) |
![]() |
Text
Skripsi Pengesahan.pdf Download (333kB) |
![]() |
Text
Skripsi Abstrak.pdf Download (88kB) |
![]() |
Text
Skripsi Daftar Pustaka.pdf Download (101kB) |
Abstract
Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) merupakan kegiatan yang dirancang untuk mendorong dan mendukung kreativitas serta keterampilan kewirausahaan di kalangan mahasiswa. Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Jambi turut berpartisipasi dalam program ini dengan menyediakan kesempatan bagi mahasiswanya untuk mengembangkan berbagai produk inovatif dan bermanfaat. Produk-produk ini kemudian dijual kepada sesama mahasiswa dan masyarakat umum. Namun, dalam pelaksanaannya, mahasiswa atau masyarakat umum sering menghadapi berbagai kendala saat ingin membeli produk-produk yang dihasilkan mahasiswa FKIK yang mengikuti PMW, seperti kesulitan dalam memperoleh informasi produk yang akurat, kesulitan dalam menemukan produk, komunikasi dengan penjual yang kurang lancar, proses pembayaran yang kurang aman, serta keterlambatan pengiriman dan ketidakcocokan pesanan yang disebabkan oleh kurangnya sistem pemantauan yang efektif. Untuk mengatasi masalah tersebut maka dibutuhkan sebuah sistem aplikasi marketplace berbasis mobile yang dapat memudahkan proses transaksi dalam jual beli produk hasil PMW. Dalam proses analisis dan perancangan UI/UX aplikasi marketplace berbasis mobile, peneliti menggunakan metode design thinking. Pada tahap analisis, dihasilkan analisis permasalahan, analisis kebutuhan, dan user persona. Pada tahap perancangan, dihasilkan rancangan UI/UX meliputi rancangan user flow dan rancangan user interface dan user experience (UI/UX). Rancangan UI/UX di evaluasi menggunakan metode usability testing dengan bantuan tools maze design. Pada 10 responden yang melakukan testing dengan hasil usability score sebesar 88. Dari hasil testing rancangan desain dan evaluasi desain dapat disimpulkan bahwa semua rancangan desain UI/UX sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi |
Depositing User: | Ramadhan |
Date Deposited: | 03 Oct 2024 07:42 |
Last Modified: | 03 Oct 2024 07:42 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/71039 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |