Penerapan Media Pembelajara Scrapbook berbasis coreldraw untuk meningkatkan kreativitas belajar sejarah siswa kelas F4 SMA N 1 Muaro Jambi

Indah Sari, Zalvia (2024) Penerapan Media Pembelajara Scrapbook berbasis coreldraw untuk meningkatkan kreativitas belajar sejarah siswa kelas F4 SMA N 1 Muaro Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI ZALVIA INDAH SARI OKE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (131kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (428kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (197kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (98kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN,PENGESAHAN.pdf

Download (511kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

Kata Kunci: kreatifitas, media pembelajaran, scrapbook Penelitian ini bertujuan guna mendeskripsikan meningkatnya kreatifitas belajar sejarah siswa melalui media pembelajaran scrapbook berbasis coreldraw pada mata pelajaran sejarah. Kreativitas belajar siswa ditingkatkan melalui penggunaan media pembelajaran scrapbook berbasis coreldraw. Oleh karena itu, rumusan masalah penelitian sebagai berikut : “Bagaimana penerapan media pembelajaran scrapbook berbasis coreldraw dapat meningkatkan kreatifitas belajar sejarah siswa kelas F4 SMAN 1 Muaro Jambi”? Metode serta teknik penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK), subjek penelitian ini yaitu siswa kelas F4 SMAN 1 Muaro Jambi yang berjumlah 36 orang. Variabel yang diteliti meliputi peningkatan kreatifitas belajar yang berhasil dicapai siswa yang telah dilaksanakan pembelajaran selama tiga siklus, dimana satu siklus terdiri dari 4 tahapan, 1. Perencanaan, 2. Tindakan, 3. Observasi, dan 4. Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif. teknik analisis data kuantitatif ayitu menghitung rata-rata persentase tingkat kreatigitas belajar sejarah siswa. Sedangkan teknik analisi data pada data kualitatif yaitu deskripsi kegiatan selama proses pembelajaran berlangsungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I hanya memperoleh persentase keberhasilan sebesar 57%, pada siklus II memperoleh persentase sebesar 70,1% dan siklus III persentase keberhasilan sebesar 76,5%. Hal ini melebihi kriteria yang sudah ditentukan peneliti dengan ketetapan 75%. Oleh karena itu penerapan media pembelajaran scrapbook berbasis coreldraw dapat meningkatkan kreatifitas belajar sejarah siswa kelas F4 SMAN 1 Muaro Jambi. Keywords: creativity, learning media, scrapbook This research aims to describe the increasing creativity of students' history learning through Corel Draw-based scrapbook learning media in history subjects. Student learning creativity is increased through the use of Corel Draw-based scrapbook learning media. Therefore, the formulation of the research problem is as follows: "How can the application of CorelDraw-based scrapbook learning media increase the creativity in learning history of class F4 students at SMAN 1 Muaro Jambi"? This research method and technique uses classroom action research (PTK), the subjects of this research are 36 students of class F4 at SMAN 1 Muaro Jambi. The variables studied include increasing learning creativity achieved by students who have carried out learning for three cycles, where one cycle consists of 4 stages, 1. Planning, 2. Action, 3. Observation, and 4. Reflection. The data collection technique used by researchers is observation and documentation sheets. The data analysis techniques used in this research are quantitative data and qualitative data. The quantitative data analysis technique is to calculate the average percentage of students' level of creativity in learning history. Meanwhile, the data analysis technique for qualitative data is a description of activities during the ongoing learning process. The research results showed that in cycle I only obtained a success percentage of 57%, in cycle II the percentage was 70.1% and in cycle III the percentage of success was 76.5%. This exceeds the criteria determined by researchers with a determination of 75%. Therefore, the application of Corel Draw-based scrapbook learning media can increase the creativity in learning history for class F4 students at SMAN 1 Muaro Jambi.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: kreatifitas, media pembelajaran, scrapbook
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: SARI
Date Deposited: 08 Oct 2024 03:11
Last Modified: 08 Oct 2024 03:12
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/71048

Actions (login required)

View Item View Item