PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM BENTUK DIGITAL BERBASIS ANDROID PADA MATERI SISTEM DAN DINAMIKA DEMOKRASI KONSTITUSIONAL DIINDONESIA UNTUK SISWA KELAS XI SMAN 4 KOTA JAMBI

VAHLEPI, RIDHO PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM BENTUK DIGITAL BERBASIS ANDROID PADA MATERI SISTEM DAN DINAMIKA DEMOKRASI KONSTITUSIONAL DIINDONESIA UNTUK SISWA KELAS XI SMAN 4 KOTA JAMBI. JURNAL PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM BENTUK DIGITAL BERBASIS ANDROID PADA MATERI SISTEM DAN DINAMIKA DEMOKRASI KONSTITUSIONAL DIINDONESIA UNTUK SISWA KELAS XI SMAN 4 KOTA JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (103kB)
[img]
Preview
Image
PENGESAHAN.jpg

Download (187kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (174kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (160kB)

Abstract

ABSTRAK Ridho Vahlepi. 2018 . Pengembangan Media Pembelajaran dalam bentuk Digital Berbasis Android Pada Materi Sistem dan Dinamika Demokrasi Konstitusional di Indonesia untuk Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Kota Jambi. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Unibersitas Jambi, Pembimbing : (1) Drs.Irzal Anderson,M.Si, (II) Ahmad Fauzan,M.Pd . Kata Kunci : Buku Saku Digital, Android , Media Pembelajaran , ADDIE. Penelitian tentang Pengembangan Media Pembembelajaran dalam bentuk Digital Berbasis Android ini dilatar belakangi oleh belum efektifnya penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran PPKn, guru masih menggunakan media pembelajaran convensional yang membuat siswa bosan dan jenuh ketika pembelajaran berlangsung. Didalam proses pembelajaran pada mata pelajaran PPKn, penulis melihat masih tedapat siswa yang tidak terlibat aktif di dalam proses pembelajaran,siswa cendrung sibuk dengan handphone berbasis Android mereka masing-masing. Hal tersebutlah yang menjadi alasan bagi penulis untuk mengembangkan media pembelajara dalam bentuk digital berbasis android pada pembelajaran PPKn Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran PPKn dalam bentuk Digital berbasis Andorid pada materi Sistem dan Dinamika Demokrasi Konstitusional di Indonesia untuk siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Kota Jambi dan untuk mengetahui kelayakan Aplikasi media pembelajaran dalam bentuk Digital berbasis Android berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media dan pendapat atau respon dari siswa . Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Developtment (R&D) menggunakan Model ADDIE. Terdiri dari 5 tahapan yaitu : (1) Analysis (Analisis), (2) Design (Desain). (3) Developtment (Pengembangan), (4) Implementations (Implementasi), dan (5) evaluation (Evaluasi ). Namun hanya dilaksanakan hingga pada tahap ke 4 yaitu implementasi . validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Media yang dikembangkan diujicobakan kepada 32 siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 4 Kota Jambi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media pembelajaran PPKn dalam bentuk digital berbasis android sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian : (1) Ahli Materi diperoleh total skor 78 yang termasuk dalam kategori “Baik” dan jika dipersentasekan mendapat nilai 72.22% sehingga termasuk dalam kategori “Layak” . (2) Ahli Media diperoleh total skor 73 yang termasuk dalam kategori “Baik” dan jika dipersentasekan mendapatkan nilai 86.90% sehingga termasuk dalam kategori “Sangat Layak” . respon sisswa terhadap media ini pada saat dilakukan ujicoba rata-rata menunjukkan respon positif dengan persentase ≥ 70 setiap indikatornya. Dengan demikian media pembelajaran PPKn dalam bentuk Digital Berbasis Android ini Layak digunakan sebagai media pembelajaran PPKn pada Materi Sistem dan Dinamika Demokrasi Konstitusional di Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dari penilaian ahli materi, ahli media, produk sangat layak untuk digunakan dan siswa memberikan respon sangat baik terhadap produk media pembelajaran dalam bentuk Digital berbasis Android yang dikembangkan.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: RIDHO VAHLEPI
Date Deposited: 06 Feb 2019 07:11
Last Modified: 06 Feb 2019 07:11
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7106

Actions (login required)

View Item View Item