Darmansyah, R.M. (2024) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMEPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMBELI SAYUR SECARA ONLINE DI KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (166kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (225kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (120kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (58kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (210kB) |
![]() |
Text
PENGESAHAN.pdf Download (486kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI R.M. DARMANSYAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Menjelaskan gambaran e-commerce lokal komoditas sayuran di Kota Jambi, 2) Mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan dalam membeli sayur secara online di Kota Jambi, 3) Menganalisis besarnya pengaruh faktor-faktor tersebut terhadap keputusan konsumen dalam membeli sayur secara online di Kota Jambi. Objek dalam penelitian ini adalah Masyarakat yang terbiasa berbelanja sayuran secara online di Kota Jambi dan tinggal di Kota Jambi. Pemilihan responden dilakukan dengan sistem voluntary sampling. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Model Partial Least Square (PLS). E-Commerce sayuran di Kota Jambi menunjukkan adanya perkembangan yang positif, didorong oleh kemudahan akses internet, hingga perubahan gaya hidup masyarakat. Platform e-commerce sayuran lokal layaknya Belanjo Official dan Kribo.id menawarkan model bisnis yang beragam, baik marketplace maupun direct-to-consumer, dengan keunggulan dan kelebihan masing-masing. Potensi e-commerce sayuran di masa depan juga menjanjikan dengan adanya teknologi Articicial Intelligence (AI) dan Internet of Things (IoT), serta inovasi model bisnis yang berkelanjutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara langsung faktor internal dan faktor eksternal tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen namun variabel moderasi (bauran pemasaran dan atribut produk) memiliki pengaruh positif dan signifikan. Selain itu, secara tidak langsung melalui variabel moderasi, faktor internal memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Hal tersebut menyebabkan variabel moderasi memiliki posisi sebagai full moderation (moderasi penuh) yang mengindikasikan bahwa pengoptimalan variabel moderasi secara positif akan meningkatkan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian konsumen. Agar e-commerce sayuran di Kota Jambi dapat dikembangkan lebih lanjut, saran dari penulis adalah perlu adanya pengoptimalan dalam variabel moderasi serta meningkatkan interaksi untuk faktor eksternal. Membangun lingkungan ekosistem e-commerce dalam rangka untuk meningkatkan jangkauan kepada masyarakat dalam lingkup eksternal masing masing individu masyarakat. This research aimed to: 1) Describe the landscape of local vegetable e-commerce in Jambi City, 2) Describe the factors influencing consumer decisions to purchase vegetables online in Jambi City, 3) Analyze the magnitude of the influence of these factors on consumer decisions to purchase vegetables online in Jambi City. The objects in this study were people who are accustomed to shopping for vegetables online in Jambi City and live in Jambi City. The selection of respondents was carried out using a voluntary sampling system. The data analysis technique used in this study was Structural Equation Model Partial Least Square (PLS).Vegetable e-commerce in Jambi City shows positive developments, driven by easy internet access and changes in people's lifestyles. Local vegetable e-commerce platforms such as Belanjo Official and Kribo.id offer various business models, both marketplace and direct-to-consumer, each with its own advantages and strengths. The future potential of vegetable e-commerce is also promising with the presence of Artificial Intelligence (AI) and Internet of Things (IoT) technologies, as well as sustainable business model innovations.The results showed that internal and external factors did not directly influence consumer purchase decisions. However, the moderating variables (marketing mix and product attributes) had a positive and significant influence. Furthermore, indirectly through the moderating variables, internal factors had a positive and significant influence on consumer purchase decisions. This indicates that the moderating variable has a position as a full moderation, which implies that optimizing the moderating variable positively will increase its influence on consumer purchase decisions.In order for vegetable e-commerce in Jambi City to be further developed, the authors suggest that there needs to be optimization in the moderating variables and increased interaction for external factors. Building an e-commerce ecosystem environment is needed to increase outreach to the public within the external scope of each individual in society.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sayuran, E-Commerce, Perilaku Konsumen, Keputusan Pembelian |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | Darmansyah |
Date Deposited: | 08 Oct 2024 03:57 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 03:57 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/71196 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |