S, Maulana, Resky (2024) Penerapan Model Cooperative Script dengan Menggunakan Media Audiovisual TikTok dalam Pembelajaran Menulis Puisi SMPN 5 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK FIKS.pdf Download (32kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (64kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (48kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (67kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (165kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI RESKY MAULANA. S_A1B120039.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
PENGESAHAN DAN PERSETUJUAN.pdf Download (283kB) |
Abstract
S, Maulana, Resky. Penerapan Model Cooperative Script dengan Menggunakan Media Audiovisual TikTok dalam Pembelajaran Menulis Puisi SMPN 5 Kota Jambi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing (I) Dra. Rasdawita, M.M. (II) Arum Gati Ningsih, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Menulis Puisi, Cooperative Script, TikTok Permasalahan yang ditemukan dalam pembelajaran menulis puisi di SMP Negeri 5 Kota Jambi yaitu kurangnya imajinasi peserta didik dalam menulis puisi. Maka dari itu, penelitian ini menerapkan model Cooperative Script menggunakan media audiovisual TikTok agar imajinasi peserta didik dapat lebih berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model cooperative script dengan media audiovisual TikTok dalam pembelajaran menulis teks puisi peserta didik kelas VIII A SMPN 5 Kota Jambi yang berlokasi di kecamatan Jelutung, Kota Jambi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Deskripsi penelitian ini berpedoman pada modul ajar guru dan intrumen pelaksanaan model cooperative script. Subjek penelitiannya adalah peserta didik kelas VIII A, dan objek penelitiannya adalah menulis teks puisi. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Penelitian ini memfokuskan pada pelaksanaan penerapan model cooperative script yang hasil akhirnya dilihat juga melalui nilai peserta didik setelah menulis puisi. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa pembelajaran menulis puisi dengan model cooperative script dan dibantu oleh media audiovisual TikTok dalam pembelajaran di kelas VIII A SMPN 5 Kota Jambi menunjukkan bahwa; 1) Guru telah melaksanakan model pembelajaran cooperative script sesuai dengan langkah-langkahnya, 2) Guru telah melaksanakan model pembelajaran cooperative script sesuai dengan modul ajar yang telah disusun, 3) Peserta didik mengalami perubahan nilai dalam menulis pusi yang dilihat dari hasil sebelum dan sesudah menggunakan model cooperative script berbantuan media audiovisual TikTok dengan nilai rata-rata sebelum 60 dan sesudah 83,5. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan model cooperative script telah terlaksana sesuai dengan langkah-langkahnya.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, Menulis Puisi, Cooperative Script, TikTok |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | S |
Date Deposited: | 14 Oct 2024 02:34 |
Last Modified: | 14 Oct 2024 02:34 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/71470 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |