PENINGKATAN PERENCANAAN KARIER MELALUI LAYANAN INFORMASI KONSEP IKIGAI PADA SISWA KELAS XI DI SMAIT NURUL ILMI KOTA JAMBI

Rizqullah, Dhilal (2024) PENINGKATAN PERENCANAAN KARIER MELALUI LAYANAN INFORMASI KONSEP IKIGAI PADA SISWA KELAS XI DI SMAIT NURUL ILMI KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (90kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan dan Halaman Persetujuan.pdf

Download (792kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (93kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (116kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (100kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (159kB)

Abstract

Siswa memiliki tantangan tersendiri selama proses menentukan pilihan jurusan untuk pendidikan lanjutan, inti masalah yang dirasakan oleh siswa yaitu karena siswa tidak mengenal diri sendiri, potensi, serta minat dan bakat. Penelitian berjudul “Peningkatan Perencanaan Karier Melalui Layanan Informasi Konsep Ikigai Pada Siswa Kelas XI di SMAIT Nurul Ilmi Kota Jambi” ini bertujuan untuk mengetahui tingkat perencanaan karier siswa sebelum dan setelah diberikan perlakuan berupa layanan informasi konsep ikigai. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen semu (quasi eksperimental) dengan menggunakan desain Pre-test and post-test with non equivalent control group design. Subjek pada penelitian ini yaitu 56 orang siswa kelas XI di SMAIT Nurul Ilmi Kota Jambi yang terbagi kedalam dua kelompok yaitu kelas eksperimen yang diberi perlakuan dan kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dengan skala likert 4 opsi jawaban, kemudian data yang diperoleh diolah dengan uji t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tingkat perencanaan karier siswa. Berdasarkan uji hipotesis pada kelas eksperimen menunjukkan nilai thitung 8,862 > 2,052 ttabel dan nilai sig. (2 tailed) 0,00 < 0,05 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai thitung 0,057 < ttabel 2,052 dan nilai sig. (2tailed) 0,955 > 0,05. Maka berdasarkan kriteria pengambilan keputusan dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan perencanaan karier yang berarti dan signifikan pada kelas eksperimen yang menerima perlakuan dan dapat dikatakan H0 ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci : Perencanaan Karier, Layanan Informasi, Ikigai.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Rizqullah
Date Deposited: 06 Nov 2024 04:05
Last Modified: 06 Nov 2024 04:05
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/71884

Actions (login required)

View Item View Item