PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN HIDUP

Elvira, Ririn Tiara (2024) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN HIDUP. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (51kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (700kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (704kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (121kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (42kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (179kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Elvira, Ririn Tiara. 2024. Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Pencemaran Lingkungan Hidup: Skripsi Pendidikan Biologi, Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Dr. Ali Sadikin, S.Pd.I., M.Pd.., (2) Dr. Dra. Evita Anggereini, M.Si. Kata Kunci : Project Based Learning, Kemampuan Bepikir Kritis Terdapat permasalahan Project Based Learning yang belum optimal dalam proses pembelajaran. Peserta didik mendapatkan pembelajaran dengan model Direct Learning. Peserta didik tidak termotivasi untuk menemukan atau mencari informasi-informasi mengenai kajian pelajaran yang sedang dipelajari sehingga kurangnya kemampuan berpikir kritis peserta didik. Berdasarkan permasalahan tersebut, diperlukan penerapan model pembelajaran yang dapat mempengaruhi kemampuan berpikir kritis peserta didik yaitu model Project Based Learning (PjBL). Penelitian dilakukan di SMA Negeri 8 Muaro Jambi. Jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental) dengan rancangan penelitian Pre-test Post-test Non-Equivalent Control Group Design melibatkan dua kelompok sampel yaitu kelompok eksperimen pada kelas X E2 dan kelompok kontrol pada kelas X E5. Teknik pengambilan sampel yaitu teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian berupa test. Intrumen test berupa pretest dan postest untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah One Way Aancova. Data penelitian berupa hasil pretest, dan posttest. Hasil validasi Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) rata-rata sebesar 3,5 (sangat layak digunakan), modul ajar sebesar 3,7 (sangat layak digunakan), dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) sebesar 3,99 (sangat layak). terdapat pengaruh pada signifikasi sebesar 0,001<0,05 hasil uji hasil uji one way ANCOVA menunjukkan bahwa terdapat perbedaan besar postest siswa antara satu kelas dengan kelas lainnya dengan mengontrol prestet pada siswa [f (1,53) = 78,884, p < 0,00, partial eta square = 0,598). Nilai sig < 0,05. Tidak ada uji lanjut karena hanya ada 2 kelas eksperimen.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ELVIRA
Date Deposited: 12 Nov 2024 02:54
Last Modified: 12 Nov 2024 02:54
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/71975

Actions (login required)

View Item View Item