Feronika, Laura (2024) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA YANG BEKERJA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AN-NUR KOTA SUNGAI PENUH. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (149kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (152kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (110kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (32kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (75kB) |
Abstract
Feronika, Laura. 2024. Hubungan Pola Asuh Orang Tua yang Bekerja Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun di TK An-Nur Kota Sungai Penuh: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dra. Kasmiati, M.Pd., (II) Sri Indriani Harianja, M.Pd Kata Kunci: Pola Asuh Orang Tua, Bekerja, Sosial Emosional Pendidikan keluarga dipengaruhi oleh pola asuh orang tua, pola asuh orang tua memiliki dampak bagi perkembangan anak. Gaya pengasuhan orang tua yang baik akan menurunkan perkembangan sosial anak yang baik, jika pola asuh yang diterapkan oleh orang tua itu positif maka dampak yang akan muncul terhadap anak juga positif juga sebaliknya jika pola asuh yang diterapkan negatif maka dampak pada perkembangan emosional anak juga negatif. Orang tua yang sibuk karena bekerja, menerapkan pola asuh yang ideal dan tepat terhadap anak akan membantu mengurangi permasalahan emosional pada anak. Pada dasarnya tidak ada pola asuh yang benar atau salah yang diterapkan oleh orang tua pada anak, pola asuh yang paling tepat adalah menyesuaikan dengan situasi dan kemampuan yang dimiliki oleh anak, setiap orang tua memiliki ciri khas sendiri dalam mengasuh anak. Metode yang digunakan adalah Korelasi Rank Spearman yang dimana peniliti akan mencari besaran hubungan antara variabel independent dengan variabel dependent menggunakan hasil uji statistik dengan bantuan SPSS untuk mencari besaran hasil signifikan. Responden pada penelitian ini dilakukan di TK An-Nur Kota Sungai Penuh, anak usia 5-6 tahun sebanyak 31 orang anak. Hasil dari penelitian ini didasarkan dalam keputusan menentukan Rhitung dan Rtabel, jika nilai sign >0,05 maka berkorelasi, dan nilai signifikansi (sign) yaitu 0,411. Besaran nilai signifikan variabel independen dan dependen dari hasil yaitu hubungan “yang lemah” dengan nilai sebesar 0,153.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pola Asuh Orang Tua, Bekerja, Sosial Emosional |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | FERONIKA |
Date Deposited: | 14 Nov 2024 06:54 |
Last Modified: | 14 Nov 2024 06:54 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/72105 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |