Pengaruh Kepuasan Pengguna Layanan BKKBN Terhadap Partisipasi Masyarakat Dalam Program Kampung Keluarga Berkualitas Di Desa Kota Karang Kecamatan Kumpeh Ulu Muaro Jambi

Helmalia, Zamira Tri (2024) Pengaruh Kepuasan Pengguna Layanan BKKBN Terhadap Partisipasi Masyarakat Dalam Program Kampung Keluarga Berkualitas Di Desa Kota Karang Kecamatan Kumpeh Ulu Muaro Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI FULL_ZAMIRA TRI HELMALIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (11kB)
[img] Text
TANDA PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN TUGAS AKHIR.pdf

Download (709kB)
[img] Text
BAB I SKRIPSI.pdf

Download (82kB)
[img] Text
BAB V SKRIPSI.pdf

Download (214kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (144kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kepuasan pengguna layanan BKKBN terhadap partisipasi masyarakat pada program kampung keluarga berkualitas di Desa Kota Karang Kecamatan Kumpeh Ulu Kabupaten Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan jenis kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui wawancara dan penyebaran kuesioner. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisi regresi linear sederhana dan uji hipotesis dengan alat bantu software SPSS versi 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil analisis deskriptif kepuasan pengguna layanan BKKBN pada program kampung keluarga berkualitas berada pada kategori “puas” dan partisipasi masyarakat berada dalam kategori “baik” lalu ditemukan bahwa kepuasan pengguna layanan BKKBN berpengaruh signifikan terhadap partisipasi masyarakat pada program kampung keluarga berkualitas di Desa Kota Karang Kecamatan Kumpeh Ulu Kabupaten Muaro Jambi. Saran dari penelitian ini antara lain mengadakan pelatihan rutin bagi petugas pelayanan agar lebih memahami prosedur pengaduan, dan secara berkala mengumpulkan umpan balik dari pengguna layanan BKKBN untuk evaluasi serta perbaikan layanan yang berkelanjutan pada kegiatan program kampung keluarga berkualitas serta melakukan evaluasi partisipatif dengan melibatkan masyarakat dalam penilaian program kampung keluarga berkualitas di Desa Kota Karang Kecamatan Kumpeh Ulu Kabupaten Muaro Jambi. Kata Kunci : Kepuasan Pengguna Layanan, Partisipasi Masyarakat ABSTRACT This study aims to analyze the effect of BKKBN service user satisfaction on community participation in the quality family village program in Kota Karang Village, Kumpeh Ulu District, Muaro Jambi Regency. This research is a quantitative type. The data used is primary data obtained through interviews and distributing questionnaires. The results showed that from the results of descriptive analysis of BKKBN service user satisfaction in the quality family village program was in the “satisfied” category and community participation was in the “good” category and then it was found that BKKBN service user satisfaction had a significant effect on community participation in the quality family village program in Kota Karang Village, Kumpeh Ulu District, Muaro Jambi Regency. Suggestions from this study include conducting regular training for service officers to better understand complaint procedures, and periodically collecting feedback from BKKBN service users for evaluation and continuous service improvement in the quality family village program activities and conducting participatory evaluations by involving the community in the assessment of the quality family village program in Kota Karang Village, Kumpeh Ulu District, Muaro Jambi Regency. Keywords: Service User Satisfaction, Community Participation

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Kepuasan Pengguna Layanan, Partisipasi Masyarakat Keywords: Service User Satisfaction, Community Participation
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Zamira Tri Helmalia
Date Deposited: 29 Nov 2024 06:25
Last Modified: 29 Nov 2024 06:25
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/72279

Actions (login required)

View Item View Item