Desain Integrasi Pembelajaran IPA dan Konsep Islami dengan Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Multimedia Interaktif untuk Peserta Didik Kelas VI Sekolah Dasar

SYEFRINANDO, BOBY (2024) Desain Integrasi Pembelajaran IPA dan Konsep Islami dengan Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Multimedia Interaktif untuk Peserta Didik Kelas VI Sekolah Dasar. S3 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Lembar Pengesahan20241204_61.pdf

Download (367kB)
[img] Text
Disertasi (Boby).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Disertasi (Boby) Cover.pdf

Download (23kB)
[img] Text
Disertasi (Boby) ABstrak.pdf

Download (12kB)
[img] Text
Disertasi (Boby) BAB 1.pdf

Download (42kB)
[img] Text
Disertasi (Boby) BAB V.pdf

Download (12kB)
[img] Text
Disertasi (Boby DAPUS.pdf

Download (273kB)

Abstract

Pemisahan pembelajaran IPA dan nilai-nilai Islami di kelas VI SD menyebabkan pembelajaran lebih fokus pada pencapaian kompetensi pengetahuan dan keterampilan sains dan mengabaikan karakter ketuhanan peserta didik. Konsep IPA dan konsep Islami hakekatnya berasal dari satu sumber Allah SWT, Sang Pencipta alam semesta. Jika keduanya diajarkan secara terintegrasi dapat memberikan hasil yang optimal membentuk manusia yang cerdas dan beriman. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain pembelajaran IPA terintegrasi konsep islami berbantuan multimedia interaktif dengan menerapkan model discovery learning dan mengetahui bagaimana keefektifannya dalam meningkatkan keimanan peserta didik kelas VI sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan PLOMP tiga tahap, yaitu: (1) penelitian pendahuluan, (2) perancangan prototipe, dan (3) penilaian. Proses pengembangan produk diawali dengan analisis sebagai dasar perancangan draf produk, selanjutnya dikembangkan dan divalidasi oleh 3 pakar sebelum diujicobakan pada kelompok terbatas dan real teaching. Desain ujicoba menggunakan one group pretest-postest design. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 94 Kota Jambi pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Data yang didapatkan selama penelitian dan pengembangan menggunakan instrumen penilaian kemudian dianalisis, diinterpretasi dan disimpulkan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah dirumuskan. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan bahwa produk desain pembelajaran IPA terintegrasi konsep islami berbasis discovery learning dengan bantuan multimedia interaktif layak digunakan pada siswa kelas VI sekolah dasar. Hasil ujicoba real teaching juga menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan cukup efektif dalam memahami materi IPA dan membentuk karakter serta dalam menambah keyakinan peserta didik kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Desain pembelajaran, integratif, konsep IPA, konsep Islami, multimedia interaktif, discovery learning.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S3 Kependidikan
Depositing User: Boby Syefrinando
Date Deposited: 05 Dec 2024 03:17
Last Modified: 05 Dec 2024 03:17
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/72427

Actions (login required)

View Item View Item