UJI VALIDITAS ISI MODUL PELATIHAN EMPATI UNTUK MENGURANGI PERILAKU BULLYING PADA SISWA BOARDING DI SMP X KOTA JAMBI

Hidayat, Farhan and RAHMAN, MARLITA and Andriani, Annisa (2024) UJI VALIDITAS ISI MODUL PELATIHAN EMPATI UNTUK MENGURANGI PERILAKU BULLYING PADA SISWA BOARDING DI SMP X KOTA JAMBI. S1 thesis, Psikologi.

[img] Text
Draft SKRIPSI_Farhan Hidayat (Uji validitas isi modul pelatihan empati untuk mengurangi perilaku bullying).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
Cover Skripsi.pdf

Download (37kB)
[img] Text
Lembar Persetujuan dan Pengesahan Skripsi .pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (55kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (64kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB)

Abstract

LATAR BELAKANG Perilaku bullying merupakan suatu perilaku agresif yang dilakukan oleh seseorang kepada orang lain yang bertujuan untuk menyakiti secara fisik maupun psikologis korban. Perilaku bullying terjadi disebabkan oleh renndahnya kemampuan berempati seseorang. Kurangnya kemampuan berempati tersebut disebabkan oleh beberapa faktor kepribadian maupun lingkungan sosial atau pola asuh yang kurang ideal sehingga menghambat perkembangan empati individu tersebut, sehingga perlu adanya upaya untuk merangsang perilaku berempati. Alasan inilah yang melatarbelakangi penyusunan modul pelatihan empati untuk mengurangi perilaku bullying pada siswa boarding di SMP X Kota Jambi. TUJUAN Mengetahui uji validitas isi modul pelatihan empati untuk mengurangi perilaku bullying pada siswa boarding di SMP X Kota Jambi. METODE Penelitian ini adalah kuantitatif dengan uji validitas isi modul yang menggunakan Aiken’V sebagai teknik analisis. Modul ini dinilai oleh satu validator psikolog bidang pendidikan, satu validator psikolog bidang klinis, dan satu validator guru BK SMP X. HASIL Penelitian ini menunjukkan hasil validasi isi modul pelatihan empati terdapat 5 sesi dengan 17 bagian dengan rentang skor 0,75 hingga 0,92; 1 bagian memiliki skor 0,75; 8 bagian dengan skor 0,83; dan 8 bagian dengan skor 0,92. Berdasarkan hasil uji validitas isi, modul pelatihan empati merupakan modul yang valid melalui uj validitas isi, serta diperbaiki dengan berbagai saran perbaikan dari para validator. KESIMPULAN Modul pelatihan empati untuk mengurangi perilaku bullying pada siswa boarding di SMP dapat disimpulkan sebagai modul yang valid melalui uji validitas isi. KATA KUNCI: Uji validitas isi modul, pelatihan empati, bullying, siswa boarding, remaja.

Type: Thesis (S1)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Psikologi
Depositing User: HIDAYAT
Date Deposited: 11 Dec 2024 07:54
Last Modified: 11 Dec 2024 07:54
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/72674

Actions (login required)

View Item View Item