Rosifa S, Hamidah (2024) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (220kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (264kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (228kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (107kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (233kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (277kB) |
Abstract
Kata kunci : LKPD, Matematika. Penelitian ini dilakukan guna untuk 1) menjelaskan prosedur pengembangan LKPD matematika pada siswa kelas V sekolah dasar, 2) menjelaskan tingkat validitas desain storyboard LKPD matematika pada siswa kelas V sekolah dasar, 3) menjelaskan tingkat validitas produk LKPD matematika pada siswa kelas V sekolah dasar, 4) Menjelaskan tingkat kepraktisan LKPD matematika pada siswa kelas V sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menerapkan model pengembangan Define, Design, Development, Dissemination (4D). Data pada penelitian pengembangan ini yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Dengan data kualitatif berupa hasil wawancara dan pengamatan serta data kuantitatif berupa skor validator desain storyboard, produk dan skor angket kepraktisan pendidik dan peserta didik. Penelitian ini dilakukan di SDN 68/IV Jambi. Hasil penelitian pengembangan ini berupa produk LKPD matematika pada siswa kelas V sekolah dasar dengan menerapkan model 4D. Hasil validasi ahli desain memperoleh skor 95,2% dengan kategor sangat valid. Hasil validasi produk oleh ahli materi memperoleh skor 100% dengan kategori sangat valid, dan hasil validasi produk oleh ahli bahasa memperoleh skor 91,1% dengan kategori sangat valid. Hasil angket respon pendidik memperoleh skor rata-rata 93,3% dengan kategori sangat praktis. Hasil angket respon peserta didik pada uji coba terbatas memperoleh skor rata-rata 90,3% dengan kategori sangat praktis, dan uji coba kelompok besar memperoleh skor 91,6% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan pada hasil penelitian pengembangan ini dapat dirumuskan bahwa LKPD matematika pada siswa kelas V sekolah dasar sangat valid dan praktis, sehingga produk LKPD matematika dapat disebar ke skala yang lebih luas.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKPD, Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | S |
Date Deposited: | 11 Dec 2024 03:43 |
Last Modified: | 11 Dec 2024 03:43 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/72701 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |