PENGARUH KONDISI EKONOMI ORANG TUA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMPN 19 KOTA JAMBI

FEBRIYANI, TARI (2024) PENGARUH KONDISI EKONOMI ORANG TUA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMPN 19 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
BAB 1.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (140kB)
[img] Text
ABSTRAKK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHANN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (196kB)
[img] Text
COVERR.pdf

Download (75kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi oleh Siswa kurang bersemangat dalam belajar hal ini karena dipengaruhi oleh kondisi ekonomi orang tua dan lingkungan sekolah mereka serta Lingkungan sekolah menjadi hal yang sangat berpengaruh dikarenakan Hasil mereka tergantung pada cara guru mengajar, dalam hal ini terlalu banyak tugas dan siswa hanya menyukai pelajaran tertentu. Sehingga menyebabkan Hasil belajar siswa masih rendah, dilihat dari beberapa mata pelajaran yang tidak mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui pengaruh kondisi ekonomi dan lingkungan, terhadap hasil belajar siswa SMP 19 Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan di SMP N 19 Kota Jambi tahun 2024. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dari segi metode penelitian, termasuk jenis ex-post facto yaitu jenis penelitian terhadap data yang dikumpulkan setelah terjadinya suatu fakta atau peristiwa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampling jenuh dengan jumlah siswa kelas 9A, 9B, dan 9C sebanyak 87 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif serta teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a) hasil pendapatan orang tua tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap Hasil Belajar. Dimana rata-rata pendapatan orang tua di kelas 9A sebesar Rp. 3.209.310 dengan rata-rata hasil belajar sebesar 85,61, kelas 9B rata-rata pendapatan orang tua sebesar Rp. 2.049.586 dengan rata-rata hasil belajar sebesar 89,17, sedangkan pada kelas 9C rata-rata pendapatan orang tua sebesar Rp. 3.585.379 dengan rata-rata hasil belajar sebesar 91,82. Hal ini menunjukkan bahwa meskipun ada perbedaan dalam pendapatan, hasil belajar siswa tidak dipengaruhi secara signifikan oleh perbedaan tersebut. b) Terdapat lingkungan sekolah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Hasil Belajar Siswa SMPN 19 Kota Jambi., dengan nilai t hitung > t tabel, yaitu 1.994 > 1.988. c) Terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan sekolah secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar Siswa SMPN 19 Kota Jambi. Nilai R Square sebesar 0,45 atau (45%) artinya variabel Lingkungan Sekolah dapat mempengaruhi variabel hasil belajar siswa sebesar 45% sedangkan sisanya 55% dipengaruhi variabel lain. Pernyataan bahwa pendapatan rata-rata gaji orang tua di kelas 9A,9B, dan 9C tidak jauh berbeda. Pertama, kesetaraan sosial mungkin terjadi, di mana akses terhadap sumber daya pendidikan dan dukungan di rumah relatif serupa, menciptakan lingkungan belajar yang konsisten bagi semua siswa. Kedua, faktor internal siswa seperti motivasi dan keterampilan belajar dapat berpengaruh, sehingga jika siswa di ketiga kelas memiliki pendekatan serupa terhadap pembelajaran, hasilnya bisa mirip meskipun latar belakang ekonomi orang tua tidak jauh berbeda.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kondisi Ekonomi Orang Tua, Lingkungan Sekolah, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: FEBRIYANI
Date Deposited: 13 Dec 2024 06:38
Last Modified: 13 Dec 2024 06:39
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/72861

Actions (login required)

View Item View Item