Pasaribu, Eka Yulianti and Nainggolan, Saidin (2024) ANALISIS FARMER'S SHARE DALAM PEMASARAN PINANG DI KECAMATAN BETARA KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
SKRIPSI EKA PASARIBU.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (484kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (260kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (733kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (302kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (215kB) |
Abstract
Sektor pertanian di Indonesia memegang peranan penting dalam pembangunan nasional hal ini dapat dilihat dari banyaknya penduduk yang hidup dan bekerja pada sektor pertanian. Salah satu subsektor yang penting dalam meningkatkan perekonomian Indonesia merupakan subsektor perkebunan. Salah satu dari komoditas perkebunan yang dianggap penting di Indonesia adalah pinang yang dimana komoditas tersebut merupakan komoditas unggulan yang menyumbang devisa bagi negara secara rutin tiap tahunnya. Penelitian ini bertujuan untuk 1). Mengetahui gambaran pemasaran pinang secara umum di Kecamatan Betara Kabupaten Tanjung Jabung Barat, 2) Menganalisis pola saluran pemasaran pinang di Kecamatan Betara Kabupaten Tanjung Jabung Barat, 3). Menganalisis perbandingan persentase besarnya bagian harga yang di terima petani pinang dengan harga yang dibayar di tingkat pedagang melalui pola-pola saluran pemasaran di Kecamatan Betara Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Betara, Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa 1) Pemasaran pinang di Kecamatan Betara terdiri dari dua jenis pinang yaitu pinang muda dan pinang kering belah, 2) Terdapat dua pola saluran pemasaran pinang muda dan dua pola saluran pemasaran pinang kering belah 3) Hasil analisis nilai farmer’s share yang paling tinggi di Kecamatan Betara pada pemasaran pinang muda terdapat pada saluran II yaitu sebesar 84% dan pada saluran pemasaran pinang kering belah terdapat pada saluran I yaitu sebesar 74% untuk pinang kering belah (super) dan sebesar 53% pinang kering belah (biasa) Kata Kunci : Pemasaran Pinang, Saluran Pemasaran, Farmer’s Share. The agricultural sector in Indonesia plays an important role in national development, this can be seen from the large number of people who live and work in the agricultural sector. One of the important subsectors in improving the Indonesian economy is the plantation subsector. One of the plantation commodities that are considered important in Indonesia is areca nut, which is a superior commodity that contributes foreign exchange to the country regularly every year. This study aims to 1). Knowing the general picture of areca nut marketing in Betara District, West Tanjung Jabung Regency, 2). Analyse the marketing channel pattern of areca nut in Betara Sub-district, West Tanjung Jabung Regency, 3). Analyse the percentage comparison of the price received by areca farmers with the price paid at the trader level through marketing channel patterns in Betara District, West Tanjung Jabung Regency. The data used are primary data and secondary data. The data analysis method used in this research is descriptive analysis method and quantitative analysis. This research was conducted in Betara District, West Tanjung Jabung Regency. Based on the research results, it is known that 1) Areca marketing in Betara Sub-district consists of two types of areca nut, namely young areca nut and dry split areca nut, 2) There are two patterns of marketing channels of young areca nut and two patterns of marketing channels of dry split areca nut 3) The results of the analysis of the value of farmer's share value in Betara Sub-district in the marketing of young areca nut is in channel II which is 84% and in the dried areca nut marketing channel is in channel I which is 74% for dried areca nut (super) and 53% for dried areca nut (ordinary). Keywords: Areca Nut Marketing, Marketing Channel, Farmer's Share.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemasaran Pinang, Saluran Pemasaran, Farmer’s Share. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | PASARIBU |
Date Deposited: | 13 Dec 2024 07:21 |
Last Modified: | 13 Dec 2024 07:22 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/72866 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |