PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS ENSIKLOPEDIA KEANEKARAGAMAN BUDAYA, KEARIFAN LOKAL DAN SEJARAH PADA SISWA SEKOLAH DASAR

PIQRI NANDA, RAHYAL (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS ENSIKLOPEDIA KEANEKARAGAMAN BUDAYA, KEARIFAN LOKAL DAN SEJARAH PADA SISWA SEKOLAH DASAR. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (81kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (203kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (43kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (117kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (98kB)
[img] Text
RAHYAL PIQRI NANDA P2A622011.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Nanda, Rahyal Piqri 2024, Tesis yang berjudul “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Ensiklopedia Keanekaragaman Budaya, Kearifan Lokal Dan Sejarah Pada Siswa Sekolah Dasar”. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Jambi. Dosen Pembimbing (I) Dr. Dra. Destrinelli, M.Pd. (II) Dr. Muhammad Sofwan, S.Pd. M.Pd. Kata Kunci: Bahan Ajar, Keanekaragaman Budaya, Kearifan Lokal, Sejarah, Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mendeskripsikan proses pengembangan produk Bahan Ajar Berbasis Ensiklopedia Keanekaragaman Budaya, Kearifan Lokal dan Sejarah Pada Pada Siswa Sekolah Dasar. (2) Untuk mengetahui Validitas Bahan Ajar Berbasis Ensiklopedia Keanekaragaman Budaya, Kearifan Lokal dan Sejarah Pada Siswa Sekolah Dasar. (3) Untuk mengetahui Tingkat Kepraktisan Bahan Ajar Berbasis Ensiklopedia Keanekaragaman Budaya, Kearifan Lokal dan Sejarah Pada Siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Penelitian ini berupa pengembangan Bahan Ajar Berbasis Ensiklopedia Keanekaragaman Budaya, Kearifan Lokal Dan Sejarah Pada Siswa Sekolah Dasar beracuan pada kurikulum merdeka yang dapat digunakan guru sebagai bahan ajar pendukung dalam proses pembelajaran di sekolah dasar. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model pengembangan ADDIE oleh Branch 2009 (Analyze, Design, Development, Implementation, & Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 31 Kota Jambi. Data penelitian diperoleh dari validasi materi, validasi bahasa, dan validasi media serta diperoleh juga data dari angket respon guru dan wawancara peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa validasi dari penilian ahli media memperoleh skor rata-rata 98,68% % dengan jumlah 75 yang dinyatakan Sangat Valid/Sangat layak, dari penilaian ahli bahasa memperoleh skor 95,45% dengan jumlah 42 yang dinyatakan Sangat Sesuai. dan dari penilaian ahli materi memperoleh kor 94,23% dengan jumlah 49 yang dinyatakan Sangat Layak. selanjutnya hasil dari penilaian angket respon guru memperoleh nilai 38 dengan jumlah maksimal sebesar 40, sehingga persentase yang didapatkan dengan nilai rata-rata 95% berada pada tingkat Sangat Praktis. Hasil wawancara respon peserta didik menyatakan bahwa sangat ingin menggunakan bahan ajar dan sangat mudah mengoperasikan berbagai fitur-fitur menu-menu yang terdapat di dalam Bahan ajar berbasis ensiklopedia dan kuis yang terdapat dalam Bahan ajar berbasis ensiklopedia mampu menguji pemahaman peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian yang di peroleh dapat disimpulkan bahwa Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Ensiklopedia Keanekaragaman Budaya, Kearifan Lokal Dan Sejarah Pada Siswa Sekolah Dasar dinyatakan valid, sangat sesuai dan praktis.

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, Keanekaragaman Budaya, Kearifan Lokal, Sejarah, Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: RAHYAL PIQRI NANDA
Date Deposited: 24 Dec 2024 02:31
Last Modified: 24 Dec 2024 02:32
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/72995

Actions (login required)

View Item View Item