Yunisa Garini, Dian (2024) Gambaran Pencapaian Kompetensi IPE pada Pelaksanaan Pembelajaran Interprofessional Education dengan Metode Problem Based Learning di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Abstrak Skripsi.pdf Download (225kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (218kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (183kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (136kB) |
![]() |
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (246kB) |
![]() |
Text
Full Text_Dian Yunisa Garini_G1A121011.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (109kB) |
Abstract
Latar belakang: Hampir sebagian besar kegiatan pendidikan profesi pada tingkat sarjana dilakukan secara independen dengan pengajarannya sendiri. Akibatnya, lulusan memiliki pengetahuan yang terbatas tentang profesi lain, keterbatasan keterampilan komunikasi, kolaborasi, dan kerja sama tim serta harus menunggu hingga memasuki lingkungan kerja sebenarnya. Untuk mengatasi keterbatasan ini, diperlukan kolaborasi efektif antar tenaga kesehatan yang dapat ditanamkan melalui Interprofessional Education (IPE). Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pencapaian kompetensi IPE pada pelaksanaan pembelajaran Interprofessional Education dengan metode Problem Based Learning di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi Metode: Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengambilan data melalui wawancara mendalam dengan mahasiswa program studi kedokteran dan keperawatan angkatan 2021 dan 2022 yang telah melaksanakan pembelajaran IPE sebanyak 32 orang. Hasil wawancara disajikan dalam bentuk transkrip wawancara, kemudian ditriangulasi dan dianalisis secara kualitatif. Hasil: Pelaksanaan pembelajaran IPE dengan metode PBL di FKIK Universitas Jambi menunjukkan gambaran pencapaian, kompetensi nilai dan etika dengan disiplin waktu dan sikap profesional, kompetensi peran dan tanggung jawab dengan pemahaman sesuai tugas dan profesi, kompetensi komunikasi dengan penyampaian tepat dan sesuai, serta kompetensi tim dan kerjasama tim dengan keaktifan kontribusi dan kerja sama. Disertai beberapa hambatan baik dari faktor internal (mahasiswa) maupun faktor eksternal (sinyal) Kesimpulan: Pelaksanaan pembelajaran IPE dengan metode PBL di FKIK Universitas Jambi sudah menunjukkan gambaran pencapaian kompetensi IPE Kata Kunci: Pencapaian, Kompetensi, Interprofessional Education, Problem based learning.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pencapaian, Kompetensi, Interprofessional Education, Problem based learning. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Kedokteran |
Depositing User: | Garini |
Date Deposited: | 07 Jan 2025 04:06 |
Last Modified: | 07 Jan 2025 04:06 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/73086 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |