Gambaran Pencapaian Kompetensi IPE pada Pelaksanaan Pembelajaran Interprofessional Education dengan Metode Problem Based Learning di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi

Yunisa Garini, Dian (2024) Gambaran Pencapaian Kompetensi IPE pada Pelaksanaan Pembelajaran Interprofessional Education dengan Metode Problem Based Learning di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Abstrak Skripsi.pdf

Download (225kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (218kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (183kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (136kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (246kB)
[img] Text
Full Text_Dian Yunisa Garini_G1A121011.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Cover.pdf

Download (109kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

Latar belakang: Hampir sebagian besar kegiatan pendidikan profesi pada tingkat sarjana dilakukan secara independen dengan pengajarannya sendiri. Akibatnya, lulusan memiliki pengetahuan yang terbatas tentang profesi lain, keterbatasan keterampilan komunikasi, kolaborasi, dan kerja sama tim serta harus menunggu hingga memasuki lingkungan kerja sebenarnya. Untuk mengatasi keterbatasan ini, diperlukan kolaborasi efektif antar tenaga kesehatan yang dapat ditanamkan melalui Interprofessional Education (IPE). Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pencapaian kompetensi IPE pada pelaksanaan pembelajaran Interprofessional Education dengan metode Problem Based Learning di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi Metode: Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengambilan data melalui wawancara mendalam dengan mahasiswa program studi kedokteran dan keperawatan angkatan 2021 dan 2022 yang telah melaksanakan pembelajaran IPE sebanyak 32 orang. Hasil wawancara disajikan dalam bentuk transkrip wawancara, kemudian ditriangulasi dan dianalisis secara kualitatif. Hasil: Pelaksanaan pembelajaran IPE dengan metode PBL di FKIK Universitas Jambi menunjukkan gambaran pencapaian, kompetensi nilai dan etika dengan disiplin waktu dan sikap profesional, kompetensi peran dan tanggung jawab dengan pemahaman sesuai tugas dan profesi, kompetensi komunikasi dengan penyampaian tepat dan sesuai, serta kompetensi tim dan kerjasama tim dengan keaktifan kontribusi dan kerja sama. Disertai beberapa hambatan baik dari faktor internal (mahasiswa) maupun faktor eksternal (sinyal) Kesimpulan: Pelaksanaan pembelajaran IPE dengan metode PBL di FKIK Universitas Jambi sudah menunjukkan gambaran pencapaian kompetensi IPE Kata Kunci: Pencapaian, Kompetensi, Interprofessional Education, Problem based learning.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pencapaian, Kompetensi, Interprofessional Education, Problem based learning.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Kedokteran
Depositing User: Garini
Date Deposited: 07 Jan 2025 04:06
Last Modified: 07 Jan 2025 04:06
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/73086

Actions (login required)

View Item View Item