PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA KUANTUM BERBANTU FLIP PDF PROFESSIONAL PADA MATERI PERSAMAAN NILAI EIGEN, VEKTOR EIGEN, DAN NILAI HARAP

Nada, Hairul (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA KUANTUM BERBANTU FLIP PDF PROFESSIONAL PADA MATERI PERSAMAAN NILAI EIGEN, VEKTOR EIGEN, DAN NILAI HARAP. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (373kB)
[img] Text
2. Halaman Persetujuan, Halaman Pengesahan, Surat Pernyataan Skripsi.pdf

Download (870kB)
[img] Text
3. Abstrak.pdf

Download (506kB)
[img] Text
4. Bab I (2).pdf

Download (582kB)
[img] Text
5. Bab V (2).pdf

Download (398kB)
[img] Text
6. Daftar Pustaka .pdf

Download (572kB)
[img] Text
Full Draf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Nada, Hairul. 2024. Pengembangan E-Modul Fisika Kuantum Berbantu Flip PDF Professional pada Materi Persamaan Nilai Eigen, Vektor Eigen, dan Nilai Harap: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing :(I) Dr. Sri Purwaningsih, S.Si., M.Si.(II) Febri Berthalita Pujaningsih, S.Si., M.Si. Kata kunci : E-modul, Flip PDF Professional, Kuantum Penelitian ini bertujuan mengembangkan e-modul Fisika Kuantum berbantu Flip PDF Professional pada materi Persamaan Nilai Eigen, Vektor Eigen, dan Nilai Harap, menguji kelayakan melalui validasi materi dan media dari e-modul Fisika Kuantum, dan mengetahui persepsi mahasiswa terhadap e-modul Fisika Kuantum pada materi Professional pada materi Persamaan Nilai Eigen, Vektor Eigen, dan Nilai Harap. Penelitian dilakukan dengan metode pengembangan Research and Development. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate). E-Modul Fisika Kuantum dikembangakan dengan bantuan Software Flip PDF Professional untuk mendukung konsep interaktif. Tehnik pengambilan data yang digunakan adalah Purposive Sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah 62 mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Jambi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket validasi ahli materi, ahli media, dan angket persepsi kelayakan oleh mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul sebagai produk pengembangan sangat layak untuk diuji coba, dan dalam kategori baik berdasarkan persepsi mahasiswa. Hasil validasi materi terdiri dari aspek materi, aspek pembelajaran, aspek kebahasaan berada pada kategori sangat baik dengan persentase 100%. Hasil validasi media terdiri dari aspek tampilan desain layar dengan persentase 72%, aspek pembelajaran dengan persentase 70%, aspek kebahasaan dengan persentase 80%, aspek kegrafikan dengan persentase 64% dengan rata-rata persentase 71,5% dan berada pada kategori baik. Data angket persepsi mahasiswa menunjukkan statistika yang baik. Aspek kelayakan isi memiliki persentase 78.81%, aspek kebahasaan 79.35%, aspek kemanfaatan 78.96%, dan aspek kegrafikan 79.48%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa produk e-modul Fisika Kuantum berada dalam kategori baik dari keempat aspek tersebut. Keyword : E-module, Flip PDF Professional, Quantum This study aims to develop a Quantum Physics e-module assisted by Flip PDF Professional on the topics of Eigenvalue Equations, Eigenvectors, and Expectation Values, test its feasibility through material and media validation, and examine students' perceptions of the Quantum Physics e-module on the same topics. The research was conducted using the Research and Development (R&D) method. The development model employed was ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate). The Quantum Physics e-module was developed using Flip PDF Professional software to support interactive concepts. The data collection technique used was purposive sampling. The subjects of this study were 62 Physics Education students from Jambi University. Data collection instruments included expert validation questionnaires for material and media, as well as student perception questionnaires regarding the module's feasibility. The results of the study indicate that the e-module as a developed product is highly suitable for trial and is categorized as good based on students' perceptions. The material validation results, encompassing aspects of content, learning, and language, fall into the excellent category with a percentage of 100%. Media validation results, which include screen design aspects (72%), learning aspects (70%), language aspects (80%), and graphical aspects (64%), yield an average percentage of 71.5% and are categorized as good. The student perception questionnaire data showed positive statistics, with content feasibility at 78.81%, language aspects at 79.35%, usability at 78.96%, and graphical aspects at 79.48%. In conclusion, the Quantum Physics e-module is categorized as good across all four aspects evaluated.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: E-modul, Flip PDF Professional, Kuantum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Nada
Date Deposited: 27 Dec 2024 06:35
Last Modified: 27 Dec 2024 06:35
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/73156

Actions (login required)

View Item View Item