Fazira, Navisa (2024) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Sistem Pemrosesan Informasi Berdasarkan Tipe Kepribadian Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMPN 5 BATANGAHARI. S1 thesis, UNIVERSITAS UNJA.
![]() |
Text
ABSTRAK Navisa Fazira.pdf Download (16kB) |
![]() |
Text
BAB I Navisa Fazira.pdf Download (109kB) |
![]() |
Text
BAB V Navisa Fazira.pdf Download (35kB) |
![]() |
Text
COVER Navisa Fazira.pdf Download (38kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN Navisa Fazira.pdf Download (103kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FULL Navisa Fazira.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN Navisa Fazira.pdf Download (666kB) |
Abstract
ABSTRAK Navisa Fazira. 2024. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Sistem Pemrosesan Informasi Berdasarkan Tipe Kepribadian Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMPN 5 Batanghari: Skripsi, Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dra. Roseli Theis, M.S. (II) Dra. Sofnidar, M.Si Kata Kunci :Kemampuan Pemecahan Masalah, Pemprosesan Informasi, Tipe Kepribadian, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kemampuan pemecahan masalah matematika memiliki empat indikator yaitu memahami masalah, menyusun rencana, melaksanakan rencana dan melihat kembali. Keberhasilan siswa dalam memiliki kemampuan pemecahan masalah matematika berkaitan dengan bagaimana siswa mengolah sistem pemrosesan informasi yaitu sensory register, sort term memory dan long term memory. Dengan karakteristik tipe kepribadian siswa ekstrovert dan tipe kepribadian introvert memberikan perbedaan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah melalui sistem pemrosesan informasi siswa dengan tipe kepribadian ekstrovert dan tipe kepribadian introvert pada materi sistem persamaan linear dua variable kelas VIII SMPN 5 Batanghari. Subjek penelitian adalah 2 siswa dengan tipe kepribadian Ekstrovert dan 2 siswa tipe kepribadian Introvert. Data dikumpulkan melalui proses instrumen tes soal kemampuan pemecahan masalah melalui pemprosesan informasi dan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah melalui sistem pemrosesan informasi siswa dengan tipe kepribadian ekstrovert dinilai belum terpenuhi dengan maksimal, untuk indikator kemampuan pemecahan masalah siswa ekstrovert hanya memenuhi memahami masalah, menyusun rencana dan melaksanakan rencana dan pada indikator melihat kembali siswa ekstrovert gagal dalam menampilkan kemampuan pemecahan masalah matematis, sehingga untuk sistem pemrosesan informasi siswa ekstrovert hanya memenuhi sensory register dan sort term memory dimana hanya mengetahui, memahami informasi dan dapat mengolah informasi dalam penyelesaian masalah namun pemrosesan informasi long term memory masih belum cukup dalam penyelesaian masalah dengan benar. Kemampuan pemecahan masalah melalui sistem pemrosesan informasi siswa dengan kepribadian introvert dinilai telah terpenuhi dengan maksimal, siswa introvert telah memenuhi keseluruhan indikator kemampuan pemecahan masalah baik memahami masalah, menyusun rencana, melaksanakan rencana dan melihat kembali, sehingga siswa introvert dapat menampilkan sistem pemrosesan informasi sensory register, sort term memory dan long term memory, sehingga siswa introvert memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis melalui sistem pemrosesan informasi yang lebih baik.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan pemecahan masalah,Pemrosesan informasi,Tipe kepribadian,Sistem persamaan linear dua variabel |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | FAZIRA |
Date Deposited: | 30 Dec 2024 03:08 |
Last Modified: | 30 Dec 2024 03:08 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/73169 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |