hadijah, siti (2019) Hubungan Sikap Siswa Terhadap Mata Pelajaran Fisika Dengan Gaya Belajar di SMA Negeri 10 Batanghari. S1 thesis, universitas jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (17kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (135kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (88kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (70kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI SAJA.pdf Download (91kB) |
Abstract
Hadijah, Siti. 2019. Hubungan Sikap Siswa Terhadap Mata Pelajaran Fisika Dengan Gaya Belajar di SMA Negeri 10 Batanghari. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP, Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Dra. Astalini, M.Si., (II) Dwi Agus Kurniawan, S.Pd., M.Pd., Kata kunci: sikap, fisika, gaya belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara sikap siswa terhadap mata pelajaran fisika dengan gaya belajar oleh siswa kelas X, kelas XI, dan Kelas XII MIPA SMA Negeri 10 Batanghari Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 10 Batanghari pada bulan November 2018. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif asosiatif. Sampel yang digunakan untuk penelitian ini seluruh kelas MIPA di SMA Negeri 10 Batanghari. Intrumen yang digunakan berupa angket gaya belajar dan angket sikap terhadap mata pelajaran fisika, kemudian dokumentasi sebagai data penunjang ketika siswa mengisi angket. Data dianalisis secara kuantitatif dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara sikap siswa terhadap mata pelajaran fisika dengan gaya belajar pada setiap kelas. Berdasarkan uji korelasi product moment diketahui bahwa terdapat hubungan sikap siswa terhadap mata pelajaran fisika dengan gaya belajar pada kelas X MIPA dengan nilai korelasi sig 0,42, kemudian terdapat hubungan sikap siswa terhadap mata pelajaran fisika dengan gaya belajar pada kelas XI MIPA dengan nilai korelasi sig 0.002, dan terdapat hubungan sikap siswa terhadap mata pelajaran fisika dengan gaya belajar pada kelas XII MIPA dengan nilai korelasi sig 0,034. Dari hasil penelitian ini disarankan siswa lebih dalam memahami gaya belajar yang tepat pada individu masing-masing, agar bisa mendapatkan sikap yang baik terhadap mata pelajaran fisika. Di samping itu guru sebagai pemegang peran dalam kegiatan pembelajaran mestinya lebih memahami gaya belajar siswa untuk mendapatkan sikap yang baik terhadap mata pelajaran fisika untuk menciptakan suasana belajar yang baik.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | SITI HADIJAH |
Date Deposited: | 22 Mar 2019 02:45 |
Last Modified: | 22 Mar 2019 02:45 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7319 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |