Anggriawan, Ferry (2025) Kontribusi Peran Guru Penggerak, Fasilitas Belajar, dan Kinerja Guru Terhadap Kepuasan Peserta Didik Pada SMPN di Kabupaten Tanjung Jabung Barat. S2 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Cover Ferry.pdf Download (54kB) |
![]() |
Text
lembar_pengesahan_Tesis_Ferry.pdf Download (231kB) |
![]() |
Text
Abstrak Ferry.pdf Download (142kB) |
![]() |
Text
Bab I Ferry.pdf Download (95kB) |
![]() |
Text
Bab V Ferry.pdf Download (17kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka Ferry.pdf Download (171kB) |
![]() |
Text
Full Tesis_Ferry.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kontribusi peran guru penggerak, fasilitas belajar, dan kinerja guru terhadap kepuasan peserta didik pada SMPN di KabupatenTanjung Jabung Barat. Metode yang digunakan termasuk kedalam penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket/kuisioner. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik pada SMPN Satu Atap 1 Betara, SMPN Satu Atap 2 Betara dan SMPN Satu Atap 5 Betara dan sumber data yang terkait dalam penelitian adalah data angket/kuisioner dari sampel tersebut dan data dari aplikasi dapodik serta artikel-artikel yang terkait dalam pembahasan penelitian. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan adanya kontribusi yang siginifikan antara peran guru penggerak, fasilitas belajar, dan kinerja guru terhadap kepuasan peserta didik, Dasar pengambilan keputusan terhadap hipotesis yang diasumsikan dari penelitian ini adalah jika nilai signifikan < 0,05 atau nilai thitung > ttabel (ttabel = t (α/2 : n-k-1), diketahui bahwa ttabel = 1,977, maka interprestasi atas variabel bebas terhadap variabel terikat memiliki pengaruh yang signifikan atau kontribusi antara peran guru penggerak (X1), fasilitas belajar (X2), dan kinerja guru (X3) memiliki kontribusi yang signifikan. Dengan berdasarkan kepada uji F dalam perhitungan regresi dapat diketahui nilai Fhitung sebesar 59,772 dan nilai perhitungan signifikan sebesar 0,001, dengan memperbandingkan nilai fhitung dengan nilai ftabel sebesar 2,67 dan nilai signifikan tabel sebesar 0,05 dengan demikian hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis altenatif (Ha) diterima. Maka secara simultan (f) dapat diketahui bahwa terdapat kontribusi yang signifikan antara peran guru penggerak (X1), fasilitas belajar (X2), dan kinerja guru (X3) terhadap kepuasan peserta didik (Y). Selanjutnya dengan berdasarkan uji perhitungan koefisien determinasi variabel X1 (Peran Guru Penggerak), X2 (Fasilitas Belajar), dan X3 (Kinerja Guru) terhadap Y (Kepuasan Peserta Didik), maka dapat diketahui bahwa nilai adjusted R Square adalah sebesar 0,547. Dengan nilai tersebut, maka persentase secara koefisien determinasi diperoleh adalah nilai sebesar 54,7 %, ini berarti secara bahwa kepuasan peserta didik pada SMPN di Kabupaten Tanjung Jabung Barat dipengaruhi sebesar 54,7 % secara simultan oleh kontribusi peran guru penggerak, fasilitas belajar dan kinerja guru. Sedangkan sisanya sebesar 45,3 % dari faktorfaktor lain yang tidak disebutkan dalam penelitian ini.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru Penggerak, Fasilitas Belajar, Kinerja Guru, Kepuasan Peserta Didik |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | FERRY ANGGRIAWAN |
Date Deposited: | 06 Jan 2025 04:19 |
Last Modified: | 06 Jan 2025 04:19 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/73323 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |